Vaksin Covid-19 Gratis, Kapan Mulai Diberikan ke Masyarakat?

Vaksin Covid-19 Gratis, Kapan Mulai Diberikan ke Masyarakat?
Presiden Jokowi memastikan vaksin Covid-19 bagi masyarakat gratis. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa masyarakat akan mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis. Seperti apa mekanisme vaksinasinya dan kapan akan dimulai?

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk menggratiskan vaksin Covid-19 bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sangat berbeda dengan kabar sebelumnya yang menyebut 73 juta masyarakat nantinya diminta untuk membayar sendiri vaksin tersebut karena keterbatasan anggaran.

Menurut Jokowi, vaksin Covid-19 gratis ini bisa mulai diberikan ke masyarakat pada Januari 2021.

“Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan kembali melakukan perhitungan keuangan negara, saya sampaikan kalau vaksin Covid-19 nanti gratis bagi masyarakat,” ucap Jokowi pada Rabu (16/12/2020).

Presiden Jokowi akan jadi orang pertama yang mencoba vaksin Covid-19. (Flickr/Marco Verch)
Presiden Jokowi akan jadi orang pertama yang mencoba vaksin Covid-19. (Flickr/Marco Verch)

Demi memastikan masyarakat juga percaya dengan vaksin ini, Jokowi bahkan berani menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin yang telah dipastikan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jokowi juga menjelaskan tahapan pemberian vaksin Covid-19. Tahapan pertama akan diberikan kepada tenaga medis yang langsung berjibaku menangani pasien Covid-19. Setelah itu, mereka yang akan mendapatkan vaksin ini adalah anggota TNI dan Polri.

“Semua akan mendapatkan vaksinasi. Insya Allah vaksinasi akan dilakukan mulai Januari 2021. Semuanya gratis. Tetapi ini butuh waktu karena menurut data yang ada, yang harus divaksin itu 182 juta orang,” lanjut Jokowi.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo memberikan komentar terkait dengan vaksin gratis ini. Dia meminta masyarakat memastikan keamanan dari vaksin tersebut sebelum dipakai oleh masyarakat.

“Kami harap vaksinasi yang datang dari Tiongkok atau yang lain harus disertai dengan data keamanan, keselamatan, dan efektivitas sehingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ucap Rahmad pada Kamis (17/12).

Indonesia sudah mengamankan 155 juta dosis vaksin Covid-19 bagi masyarakat. (Flickr/Marco Verch)
Indonesia sudah mengamankan 155 juta dosis vaksin Covid-19 bagi masyarakat. (Flickr/Marco Verch)

Rahmad juga meminta pemerintah daerah serta rumah-rumah sakit untuk diajak melakukan koordinasi sehingga mekanisme vaksinasi bisa berjalan dengan baik.

“Ini sangat penting, penyuntikan kan butuh perencanaan matang, kerjasama yang matang,” lanjut Rahmad.

Hingga saat ini, Indonesia sudah mengamankan setidaknya 155 juta dosis vaksin Covid-19 bagi masyarakat. Pada 6 Desember 2020 lalu, 1,2 juta vaksin Covid-19 bahkan sudah didapatkan dari Sinovac Biotech.

Meski bakal ada vaksin, tetap terapkan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19, ya Millens. Ingat, kasusnya masih tinggi di berbagai tempat, lo. (Rri/IB09/E05)