PPKM Lebih Longgar, Wakil Ketua MPR RI: Ini Jadi Komitmen Bersama!

PPKM Lebih Longgar, Wakil Ketua MPR RI: Ini Jadi Komitmen Bersama!
Ilustrasi: Suasana jual beli di pusat perbelanjaan saat PPKM. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

PPKM lebih longgar otomatis akan meningkatkan aktivitas masyarakat di banyak tempat. Menyikapi hal ini, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menegaskan bahwa aturan ini haruslah menjadi komitmen bersama.

Inibaru.id - Pembukaan kembali sejumlah kegiatan publik harus direncanakan secara matang dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat. Hal ini sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

Rerie, begitu dia biasa disapa, menuturkan, pengawasan terhadap berbagai kegiatan yang diizinkan kembali saat PPKM harus konsisten dan transparan agar bisa berjalan sesuai rencana. Menurutnya, prinsip mencegah lebih baik dari mengobati harus benar-benar diutamakan.

"Prinsip ini harus dikedepankan agar tidak tercipta klaster baru saat terjadi peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik,” ujar Rerie melalui keterangan tertulis yang diterima Inibaru.id, Senin (27/9/2021).

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (Lestari Moerdijat)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (Lestari Moerdijat)

Dalam upaya peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik misalnya, Rerie menambahkan, masyarakat harus memastikan diri terlindung dari sebaran Covid-19. Caranya, dengan menjalankan protokol kesehatan seperti bermasker, jarak jarak, cuci tangan dengan sabun, dan bersedia divaksin.

"Untuk pemangku kepentingan, harus konsisten menegakkan aturan, mengawasi dengan ketat, serta menjalankan testing, tracing, dan treatment yang transparan," papar perempuan kelahiran Surabaya, 30 November 1967 tersebut. "Peningkatan aktivitas masyarakat harus dipersiapkan dengan matang dan menjadi komitmen bersama!"

Yap, benar sekali! Persiapan ini harus dilakukan semua pihak yang dalam terlibat aktivitas di ruang publik. Jadi, saat memutuskan beraktivitas di luar rumah, kamu pun harus menaati komitmen bersama ini dan siap menanggung konsekuensinya juga ya, Millens! (Triawanda Tirta Aditya/E03)