Mulai 22 Desember 2020, Naik KA Jarak Jauh Harus Rapid Tes Antigen

Mulai 22 Desember 2020, Naik KA Jarak Jauh Harus Rapid Tes Antigen
Wajib rapid test antigen sebelum naik kereta. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Jawa harus membawa hasil negatif rapid tes antigen jika akan naik kereta pada 22 desember 2020 - 8 Januari 2021.

Inibaru.id – Kalau kamu mau naik kereta api (KA) jarak jauh di Pulau Jawa pada 22 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021, harus menunjukkan hasil Rapid Test Antigen negatif. Kalau nggak bisa menunjukkannya, maka kamu nggak akan bisa naik kereta, Millens.

“KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” jelas EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah, Senin (21/12/2020).

Selain menunjukkan hasil Rapid Test Antigen, penumpang kereta api juga harus menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak.

Hasil Rapid Tes Antigen yang negatif bisa dipakai untuk naik kereta jika dikeluarkan selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh Pulau Jawa. Sementara itu, untuk KA Jarak Jauh Sumatera, bisa menunjukkan surat hasil Rapid Test Antibodi Non Reatif atau Tes PCR Negatif Covid-19 selambat-lambatnya H-14 dari tanggal keberangkatan.

Meski begitu, penumpang dengan usia kurang dari 12 tahun nggak perlu menunjukkan surat-surat tersebut.

Tarif rapid test antigen Rp 105 ribu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Tarif rapid test antigen Rp 105 ribu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

KA Jarak Jauh juga harus berada dalam kondisi sehat, nggak pilek, batuk, demam, flu, dan suhu badanya nggak melebihi 37,3 derajat Celcius. Selama perjalanan harus memakai face shield dan pakaian lengan panjang.

Mulai 21 Desember 2020, KAI melayani Rapid Tes Antigen di stasiun-stasiun dengan tarif Rp 105 ribu. Stasiun yang melayaninya adalah Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon rujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Pasar Turi.

Mengingat hasil tes ini membutuhkan waktu, penumpang disarankan melakukannya H-1 sebelum tanggal keberangkatan.

Hanya, penumpang juga diperbolehkan untuk melakukan Rapid Tes Antigen di rumah-rumah sakit serta klink terpercaya dekat dengan tempat tinggal.

Kalau kamu masih bingung dengan kebijakan baru KAI ini, bisa kok menghubungi Customer Service yang ada di stasiun-stasiun atau menghubungi Call Center KAI di 021-1212 dan Whatsapp KAI 121 di 081112111121.

Jadi, siap-siap Rapid Tes Antigen kalau mau melakukan perjalanan jauh dengan kereta api, ya? (IB09/E05)