Jarak Aman pada Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah

Jarak Aman pada Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah
Salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kota Semarang, Jumat (13/11/2020). Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang telah 'membuka diri' untuk pelaksanaan salat berjemaah, termasuk Salat Jumat. Selama pandemi, penerapan jarak aman sekitar satu meter dilakukan antar-jemaah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Inibaru.id - Nggak lama setelah Pemkot Semarang memberi lampu hijau bagi tempat ibadah untuk "membuka diri", Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) mulai rutin menggelar salat berjemaah, termasuk Salat Jumat.

Namun, pelaksanaan salat berjemaah rutin itu harus memenuhi sejumlah protokol kesehatan, di antaranya, para jemaah diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu, pihak masjid juga diharuskan untuk menyediakan pengecekan suhu.

Terpantau pada Jumat (13/11/2020), untuk menghindari penyebaran virus corona, tiap jemaah juga dianjurkan membawa alas salat sendiri-sendiri. Seusai salat pun mereka diminta membubarkan diri secara bertahap untuk menhindari kontak fisik dengan orang lain. (Triawanda Tirta Aditya/E03)

Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah sudah memberikan tanda bagi para jemaah yang berjarak sekitar satu meter untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

<br>

Dengan tegas, pengelola MAJT akan menegur jemaah yang nggak menerapkan aturan protokol kesehatan saat salat berjemaah. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)