Jadi Orang Pertama yang Divaksin, Begini Reaksi Ganjar Usai 30 Menit

Jadi Orang Pertama yang Divaksin, Begini Reaksi Ganjar Usai 30 Menit
Ganjar Pranowo setelah diberi vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Tugu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya) 

Gubernur Ganjar Pranowo jadi orang pertama di Jawa Tengah yang disuntik vaksin Covid-19. Setelah menunggu 30 menit, seperti apa efek yang dirasakan Ganjar?

Inibaru.id - Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Jawa Tengah diselenggarakan pada Kamis (14/1/2020). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi orang pertama yang divaksin. Penyuntikan vaksin ini dilakukan di RSUD Tugurejo Semarang.

Hm, kira-kira seperti apa reaksi Ganjar ya? Katanya sih seperti disuntik biasa.

"Kita waktu kecil pernah dapat imunisasi, mau berangkat umroh atau haji, juga divaksin meningitis. Sebenarnya ini sesuatu yang biasa saja, masyarakat tidak perlu takut. Insyaalah dengan vaksinasi ini akan membantu kekebalan kita," ucapnya.

Selain itu Ganjar juga mengungkapkan efek setelah suntik yang menyebabkan keraguan pada masyarakat. Orang nomor satu di Jawa Tengah ini berseloroh jika dia hanya merasa lapar. 

"Ternyata belum sarapan. Jadi ini tidak ada rasa apa-apa,” ujar Ganjar.

Ganjar Pranowo saat diberi vaksin Covid-19. (Humas Pemprov) 
Ganjar Pranowo saat diberi vaksin Covid-19. (Humas Pemprov) 

Pangdam dan Kapolda yang juga mendapat jatah vaksin pada tahap pertama ini juga mengatakan hal yang sama. Mereka nggak mendapat efek apa pun usai 30 menit disuntik. Jadi, masyarakat nggak perlu takut dan ragu. 

Meski vaksin sudah ada, Ganjar tetap meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Vaksinasi nggak boleh membuat pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat menurun. 

Disuntik Teman Sendiri

Saat Presiden Joko Widodo disuntik pada Rabu (13/1/2020) lalu, ada satu hal yang menarik perhatian yakni tangan gemetar Prof Dr Abdul Muthalib saat melakukan vaksinasi. Vaksinator berpengalaman ini mengaku nervous menyuntik orang pertama di Indonesia.

Bersiap disuntik vaksin. (Humas Pemprov) 
Bersiap disuntik vaksin. (Humas Pemprov) 

Situasi berbeda justru terjadi ketika vaksinasi Ganjar Pranowo. Dr Zulfachmi Wahab, vaksinator yang kala itu bertugas menyuntik lengan Ganjar dengan pede. Katanya selain karena sudah dekat, dokter Zul, sapaan akrabnya, juga teman sepedaan bersama Ganjar.

"Rasa grogi sebagai manusia ya pasti ada, tapi alhamdulillah tadi lancar. Selain itu, saya dengan Pak Gubernur, Pak Wakil Gubernur ini kan sudah kenal dekat. Jadi sudah terbiasa dengan beliau," katanya.

Selain itu, sebagai dokter senior spesialis penyakit dalam di RSUD Tugurejo, pekerjaan menyuntik lanjut dia sudah merupakan pekerjaan sehari-hari. Sehingga, dia mengatakan nggak ada yang istimewa dengan pelaksanaan vaksinasi saat ini.

Selain Ganjar Pranowo, ada juga sederet pimpinan daerah di Jawa Tengah yang ikut disuntik. Mereka adalah Wakil Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kejati, Wakil Ketua DPRD, Ketua Organisasi Profesi Dokter dan Perawat, Ketua MUI, Kemenag dan lainnya. 

Semoga penyuntikan ini membawa kabar baik buat Jateng ya, Millens. (Audrian F/E05)