BerandaCOVID 19
Rabu, 2 Feb 2022 11:35

Gelombang Ketiga Covid-19, Barcelona dan Real Madrid Batal Tanding di JIS

Gelombang Ketiga Covid-19, Barcelona dan Real Madrid Batal Tanding di JIS

Gelombang ketiga Covid-19 sudah ada di Indonesia, Barcelona dan Real Madrid batal tanding di JIS. (architecture.penta.co.id)

Per Selasa (1/2/2022), kasus Covid-19 sudah sampai 16 ribu. Pakar kesehatan pun menyebut Indonesia sudah memasuki gelombang ketiga Covid-19. Nah, karena kebanyakan kasus adalah varian Omicron, Barcelona dan Real Madrid dipastikan batal tanding di Jakarta International Stadium (JIS). PTM di sekolah di sejumlah daerah juga dihentikan.

Inibaru.id – Per Selasa (1/2/2022) sore, kenaikan kasus Covid-19 kembali di angka belasan ribu, tepatnya 16.021. Kembali meningkatnya kasus positif Covid-19 yang juga dipengaruhi oleh varian Omicron yang menular dengan sangat cepat membuat sejumlah pakar menyebut Indonesia sudah memasuki gelombang ketiga Covid-19.

Salah satu yang mengungkapnya adalah Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban. Nggak hanya soal kenaikan angka positif Covid-19, tingkat keterisian rumah sakit alias BOR juga terus naik, khususnya di kawasan Ibu Kota. Di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta saja, tingkat keterisiaannya mencapai 51 persen, Millens.

"Ya, kita telah masuk (gelombang tiga). Kasus naik tiap hari, BOR dan positivity rate juga, plus klaster,” ujar Zubairi di akun Twitternya @ProfesorZubairi.

Hal yang sama diungkap oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan (kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

Dia menyebut keberadaan varian Omicron jadi salah satu penyebab masuknya gelombang ketiga Covid-19.

PTM di Sekolah Dihentikan?

Melihat kasus positif Covid-19 yang terus meningkat, Ahli Epidemiologi dari Griffith University Dicky Budiman menyarankan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah sebaiknya segera dihentikan.

“Sudah saatnya, bahkan menurut saya sudah agak terlambat,” ungkap Dicky, Senin (31/1).

Sejumlah daerah sudah menghentikan PTM di sekolah karena kasus Covid-19 semakin tinggi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sejumlah daerah sudah menghentikan PTM di sekolah karena kasus Covid-19 semakin tinggi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sejumlah daerah pun sudah memberlakukan hal ini. Salah satunya adalah Kota Bogor. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pun memutuskan untuk menghentikan PTM usai menemukan banyak kasus positif Covid-19 pada siswa serta para pengajar.

Nggak hanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memastikan bakal semakin menggencarkan program vaksinasi bagi anak-anak dengan usia 6-11 tahun, guru, dan tenaga pendidik lainnya.

Sebelumnya, tepatnya pada Jumat (28/1), Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga sudah meminta PTM untuk level PAUD dan SD dihentikan. Di hari yang sama, Disdikpora DIY juga bakal menghentikan PTM di level SMA dan SMK.

Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid Batal Main di JIS?

Nggak hanya PTM di sekolah yang terdampak gelombang tiga Covid-19 di Indonesia. Kabarnya, tiga tim elit La Liga Spanyol, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid batal tampil di Event International Youth Championship (IYC) yang bakal digelar di stadion baru Jakarta International Stadium (JIS).

Padahal, rencananya, pada 6 sampai 12 Februari 2022, tim-tim dari level U-18 itu bakal bertanding melawan Indonesia All-Star.

“Tanggal 24 (Januari) kita koordinasi semua dengan tim menyatakan kondisi sudah tidak memungkinkan, tanggal 6 sudah tidak memungkinkan lagi (bertanding) karena level Omicron sudah sangat tinggi,” ujar Chairman Pancoran Soccer Field, I Gede Widiade, Rabu (2/2).

Jaga protokol kesehatan agar nggak ikut tertular di fase gelombang ketiga Covid-19, ya, Millens? (Ine, Asu, Jpnn, Det /IB09/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved