Yang Nikmat dan Murah? Ya Kopi Sanger Aceh!

Yang Nikmat dan Murah? Ya Kopi Sanger Aceh!
Kopi Sanger (Kumparan)

Pernah mendengar Kopi Sanger? Selain kopi Gayo, kopi ini harus masuk daftar kopi yang harus kamu cicipi jika berkunjung ke Aceh, karena selain nikmat, kopi ini menyimpan cerita yang unik, lo!

Inibaru.id – Jika kamu berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi Kopi Sanger. Hampir seluruh kedai kopi di sana menyediakan kopi ini. Perpaduan antara kopi dan susu kental manis menjadikan rasanya kian nikmat. Nggak salah kalau masyarakat Aceh menjadikan kopi ini sebagai primadona.

Ternyata, ada cerita menarik di balik namanya yang unik. Konon, sanger berasal dari singkatan “sama-sama mengerti”. Dulu, untuk menikmati kopi yang diberi susu kental manis ini, anak muda Aceh harus merogoh kocek lebih dalam.

Mereka baru bisa menikmati kopi sanger ini saat Kedai Kopi Solong Coffee Ulee Kareng muncul dan menawarkan harga yang relatif lebih murah.

Nawawi selaku pemilik kedai kopi tersebut rupanya mengakali racikan kopinya dengan mengurangi takaran susu. Inilah yang menjadikan harga kopi di sana bersahabat alias ngerti kantong anak muda.

Sebelum dikenal dengan nama sanger, kopi ini semula bernama Kopi Sanggeng. Dalam Bahasa Aceh, sanggeng berarti bodoh. Penamaan ini juga ada ceritanya, lo. Konon, takaran kopi dalam kopi sanggeng lebih sedikit ketimbang susunya. Inilah yang menjadikan kopi ini mahal.

Selain nama dan sejarahnya yang unik, proses pembuatan kopi sanger pun patut kamu simak. Pertama, bubuk kopi dimasukkan dalam saringan kain. Setelah itu, tuangkan air dalam suhu tertentu ke dalam saringan tersebut selama beberapa kali.

Kopi yang sudah disaring kemudian ditarik panjang selama beberapa kali, kemudian dituangkan ke mug yang berbeda hingga habis. Sepintas, proses ini memang mirip dengan pembuatan teh tarik ala Melayu. Menarik, kan?

Eh, sebelum dituang, pastikan mug-mug yang kamu pakai sudah diisi susu kental manis ya. Perhatikan pula takaran susunya supaya nggak melebihi garis paling bawah dari dasar gelas. Jika sudah kamu campur, jangan lupa mengocoknya hingga berbusa. Barulah kopi sanger siap disajikan.

O iya, untuk menyesap nikmatnya kopi ini, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 11 ribu hingga Rp 15 ribu saja. Sudah nikmat, murah pula. Kalau kamu pengin bikin sendiri juga boleh, beli saja bubuk kopi robusta atau arabika.

Duh, jadi pengin kopi sanger nih. Ada yang mau bikin kopi sanger? (IB15/E03)