White Coffee Yaman, Kopi Putih yang Sesungguhnya

White Coffee Yaman, Kopi Putih yang Sesungguhnya
White coffee asal Yaman. (Wisegeek.com)

White coffee satu ini berbeda dengan white coffee yang biasa kamu temukan di pasaran. Berikut ulasannya.

Inibaru.id – Sejak sewindu lalu white coffee mulai marak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ini berkat produk white coffee yang dijual dalam bentuk saset yang dikeluarkan salah satu jenama kopi di Indonesia. Namun, white coffee satu ini berbeda dengan kopi putih biasanya.

Yap, white coffee khas Yaman. Kopi ini bahkan disebut-sebut sebagai white coffee yang sesungguhnya. Di Yaman, white coffee adalah jenis minuman kopi yang biji kopinya disangrai dengan level roasting light. Selain itu, temperatur yang digunakan saat roasting juga rendah dan jauh di bawah standar dunia roasting. Hal itulah yang membuat biji kopi yang dihasilkan nggak berwarna gelap seperti ditulis Majalah.Ottencoffee.co.id (2/11/2017).

Biji kopi setelah di-roasting. (Aforrecipes.blogspot.com)

Nggak hanya itu, kopi ini juga dicampur dengan hwaij (rempah khas Yaman) setelah di-roasting. Usai dicampur hwaij, white coffee lantas diseduh. Jadilah kopi berwarna cokelat keemasan.

Minum white coffee adalah tradisi kuno masyarakat Yaman yang sudah berjalan sejak berabad-abad lalu, Millens. Eits, meskipun berasal dari Yaman, white coffee ini bisa ditemui di beberapa negara seperti Amerika Serikat, lo. Beberapa kedai kopi di negara tersebut sudah menyediakan menu ini.

Oh iya, selain unik dan nikmat, white coffee khas Yaman juga baik untuk kesehatan. Melansir dari Thektchn.com (22/10), pakar nutrisi Dr. Etti Ben-Zion mengatakan white coffee adalah obat untuk kesehatan karena proses sangrainya yang nggak lama.

“Saat kita memanggang sesuatu, kita mengekspos ke udara. Begitu juga saat memanggang kopi, semakin lama kita memanggang kopi, semakin besar proses oksidasi. Sedangkan yang dipanggang sebentar akan mengandung asam klorogenik tinggi yang melindungi sel manusia dari oksidasi dan peradangan” jelas Dr Ben-Zion.

Wah selain nikmat dikonsumsi, white coffee juga baik untuk kesehatan ya, Millens. Bagaimana, pengin mencoba? (IB18/E04)