Yuk, Cek Tips Ngopi Saat Puasa

Bulan Ramadan nggak bisa ngopi? Bisa kok, asal ikuti tips berikut agar lambungmu aman.

Yuk, Cek Tips Ngopi Saat Puasa
Ngopi di bulan Puasa. (coffindo.id)

Inibaru.id – Ramadan sudah tiba nih, Millens. Semua umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa. Nah, bagi kamu pencinta ngopi yang juga sedang berpuasa, sepertinya perlu sedikit penyesuaian nih. Kamu masih bisa ngopi selama berpuasa kok. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang kamu perhatikan.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa ngopi selama Ramadan.

  1. Minum Kopi Saat Sahur

Menikmati kopi saat sahur. (Okeinfo.net)

Kebiasaanmu ngopi saat pagi hari bisa diganti pada waktu sahur nih, Millens. Eits, tapi jangan terlalu banyak ya, cukup satu cangkir kopi saja. Ini karena tubuh butuh lebih banyak air putih untuk mengatasi dehidrasi saat puasa.

Oh iya, mengonsumsi kopi saat sahur memiliki beberapa manfaat, lo. Dengan meminum kopi saat sahur, kamu bisa menambah energi untuk puasa. Selain itu,kopi bisa membuatmu lebih konsentrasi saat beraktivitas. Bahkan, kopi diklaim bisa membuatmu tetap prima hingga menjelang buka puasa nanti.

 

  1. Minum Kopi 2 Jam Setelah Berbuka Puasa

Mengonsumsi yang manis-manis sebelum minum kopi. (Pusatalkes.com)

Buat kamu yang sudah nggak sabar pengin berbuka puasa dengan kopi, sebaiknya jangan dulu Millens. Mengonsumsi kopi saat buka puasa bisa meningkatkan pelepasan asam lambung di perut kamu yang masih kosong. Hal itu dapat berakibat pada gangguan pencernaan.

Nah, sebaiknya kamu berbuka puasa dengan yang manis-manis terlebih dulu. Selang dua jam setelahnya, kamu baru bisa meminum kopi.

  1. Mengonsumsi Kopi yang Segar

Ngopi segar dan nikmat. (Tribunnews.com)

Saat Ramadan, hendaknya kamu mengonsumsi kopi yang segar. Maksud kopi yang segar yakni kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang segar, artinya kopi nggak terlalu lama disimpan. Biji kopi nggak perlu disangrai terlalu lama.

Kamu juga hendaknya menghindari kopi kemasan, apalagi kopi yang langsung diminum atau ready to drink. Ini karena kopi kemasan tidak 100 persenterdiri atas biji kopi sehingga bisa mengganggu kesehatanmu. Jadi, lebih baik kamu mengonsumsi kopi dari biji kopi saja ya supaya hari-harimu lebih fresh. Kopi tanpa campuran apapun juga bisa menghilangkan rasa kantuk saat berpuasa.

Nah, itu dia beberapa tips ngopi saat berpuasa yang bisa kamu lakukan. Jadi, jangan sembarangan ngopi saat berpuasa ya karena bila salah, tubuhmu bakal terkena imbasnya. Pasti nggak mau dong saat puasa malah sakit? (IB11/E04)