Pencinta Manual Brewing? Begini Cara Memilih Grinder Kopi yang Sesuai!

Pencinta Manual Brewing? Begini Cara Memilih Grinder Kopi yang Sesuai!
Penggiling kopi manual (mokahead.com)

Sebelum membeli penggiling kopi manual, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan supaya nggak salah pilih. Apa saja ya?

Inibaru.id – Sebagian orang membeli grinder aka penggiling kopi manual dengan alasan ekonomis dan praktis. Jika kamu juga tertarik membeli alat ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya alat tersebut bisa berfungsi maksimal. Hal-hal itu antara lain tujuan penggunaan, aktivitas dan mobilitas pengguna, serta (tentunya) anggaran dana. 

Untuk penggunaan sehari-hari, grinder manual adalah pilihan yang tepat. Namun, kalau untuk kepentingan komersil, penggiling kopi manual adalah sebuah kesalahan. Kendati bisa menekan harga beli, grinder manual bukanlah pilihan terbaik. Pengoperasiannya yang menggunakan tenaga manusia membuatnya kurang efektif dan efisien dari segi waktu.

Macam-macam grinder kopi manual. (littlecoffeeplace.com)

Nah, kemudian, mengingat banyaknya jenis, bentuk, dan ragam penggiling kopi manual di pasaran, penting bagimu untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk kamu yang gemar bepergian, grinder manual yang praktis seperti Porlex, Comandante, atau Rhinowares, mungkin bakal lebih pas.

Sebaliknya, kalau kamu orang yang jarang bepergian, Zassenhaus, Hario Grinder, atau Kalita Antique tentunya lebih cocok untukmu. Ini karena grinder-grinder tersebut berbentuk unik dan cantik, yang pasti akan mempermanis tampilan dapurmu.

Grinder antik. (metintezel.blogspot.com)

Kemudian, pertimbangan terakhir tentu saja masalah harga. Kendati fungsi dan bentuk grinder penting, jangan sampai pembelian grindermu over-budget. Pastikan harganya nggak nyaris sama dengan penggiling kopi otomatis yang jelas lebih praktis.

Yap, ukur kebutuhanmu sebelum menentukan pilihan, Millens. Semoga mendapatkan grinder impian yang sesuai harapan, ya! (IB15/E03)