Starbucks Batasi Penggunaan Sedotan Plastik

Starbucks Batasi Penggunaan Sedotan Plastik
Starbucks lakukan upaya kurangi sedotan plastik. (Starbucks.com)

Starbucks menargetkan nggak bakal lagi menggunakan sedotan plastik pada 2020. Untuk menepati target itu, saat ini Starbucks melakukan berbagai upaya untuk membatasi penggunaan sedotan plastik di kedainya.

Inibaru.id – Kedai kopi raksasa dunia Starbucks kini resmi mengumumkan untuk nggak lagi menggunakan sedotan plastik pada 2020 mendatang. Kabar tersebut diumumkan Starbucks lewat akun Twitter resminya. Perusahan kopi yang memiliki 28 ribu kedai kopi di seluruh dunia itu melakukan berbagai upaya pengurangan sedotan plastik itu mulai Senin (9/7/2018).

“Langkah ini adalah jawaban dari mitra kami terkait apa yang bisa kami lakukan untuk mengurangi pemakaian sedotan. Tidak memakai sedotan adalah hal terbaik yang bisa kami lakukan demi lingkungan " ucap Wakil Presiden Starbucks Colleen Chapman seperti ditulis Liputan6.com, Kamis (12/7).

Berdasarkan rencana, penggunaan sedotan plastik ini akan digantikan dengan tutup yang dapat didaur ulang. Tutup tersebut memiliki lubang kecil yang berfungsi sebagai corong yang memungkinkan konsumen menyesap minum mereka. Sebelum diterapkan, Starbucks telah melakukan uji coba selama berbulan-bulan di Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada. 

Model ini didesain khusus desainer dari departemen Global Research and Development Emily Alexander. Tutup itu terbuat dari bahan polypropylene yang memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam mesin daur ulang. Hal tersebut tentu saja berbeda dibanding sedotan plastik yang sulit didaur ulang karena terlalu ramping untuk dipilah secara efektif.

Desain tersebut secara otomatis akan berlaku untuk minuman-minuman dingin Starbucks, kecuali Frappucino. Kopi dingin khas Starbucks itu akan dihidangkan dengan sedotan kertas atau bahan yang terbuat dari plastik mudah lebur yang dibuat dari pati tanaman yang difermentasi. 

Sedotan kertas. (Thewayfrance.com)

Nah, bagi sobat Millens yang nggak terbiasa minum tanpa sedotan, kau masih bisa meminta sedotan, kok. Namun, upaya pengurangan sedotan plastik tetap dilakukan dengan tujuan mengurangi satu miliar sedotan plastik per tahun.

Selain Starbucks, sejumlah perusahaan besar juga telah bertindak untuk mengurangi pemakaian sedotan plastik. Perusahaan-perusahan itu di antaranya McDonalds, KFC, dan Hotel Marriot International. Semoga upaya ini berhasil ya, Millens. (IB07/E04)