Sebelum Diet dengan Kopi, Simak Dulu Penjelasan Berikut

Selain menghilangkan kantuk, kopi rupanya bisa juga digunakan untuk diet. Minuman ini bisa menurunkan berat badanmu, asalkan kamu menerapkan beberapa aturan berikut.

Sebelum Diet dengan Kopi, Simak Dulu Penjelasan Berikut
Kopi untuk diet. (Livestrong)

Inibaru.id – Selain menghilangkan kantuk, kopi disebut efektif untuk menurunkan berat badan alias diet. Penurunn berat badan ini karena adanya kandungan kafein dalam kopi. Kendati demikian, ada beberapa aturan yang perlu kamu patuhi saat mengonsumsinya sebagai cara berdiet, Millens.

Jika mengonsumsi kopi dalam jangka pendek, berat badanmu bisa turun meski nggak signifikan. Namun, minuman ini nggak cocok bila dikonsumsi dalam jangka panjang karena kopi justru menjadikan tubuhmu lebih toleran terhadap kafein. Selain itu, bila kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein, beberapa efek samping seperti insomnia, mual, peningkatan tekanan darah, sakit perut, hingga gelisah juga bakal menghampirimu.

Supaya efektif untuk diet, mulai sekarang terapkan aturan-aturan ini saat menyeruput kopi, ya, Millens.

Buat Sendiri Kopimu

https://i2.wp.com/pleasantkitchen.com/wp-content/uploads/2017/03/What-You-Need-to-Know-When-Finding-the-Best-Coffee-Machine.jpg?resize=730%2C485&ssl=1

Membuat kopi sendiri menghindarkanmu dari godaan makan yang berlebih. (Pleasantkitchen)

Saat sedang ke luar rumah, mungkin kamu akan tergoda untuk mampir ke kedai kopi. Alih-alih hanya memesan kopi, kamu justru menyantap aneka kudapan di sana. Selain gagal mengendalikan konsumsi kalori harian, kamu juga gagal mengurangi konsumsi gula. Nah, ketimbang dietmu gagal, sebaiknya buat saja kopimu di rumah. Selain menghindarkanmu dari godaan untuk jajan, cara ini juga bisa membuatmu lebih hemat. Iya, kan?

Jangan Melebihi Batas Aman Konsumsi


Membatasi konsumsi kafein akan berpengaruh pada dietmu. (Hello Sehat)

Jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi tiga kali sehari, sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan ini, ya. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sudah menetapkan batas aman konsumsi kafein nggak melebihi 150 miligram per hari. Satu cangkir kopi, biasanya mengandung sekitar 50-200 miligram kafein, tergantung dari jenis kopi dan cara penyeduhannya. Jadi, kalau pengin menurunkan berat badan, pangkas konsumsi kafeinmu, Millens.

Hindari Konsumsi Pemanis

https://img.wonderhowto.com/img/45/95/63585423297533/0/why-white-sugar-is-only-type-sugar-you-need-your-kitchen.1280x600.jpg

Jangan tambahkan pemanis pada kopimu. (Wonderhowto)

Apakah kamu terbiasa mengonsumsi kopi dengan gula? Kalau iya, kebiasaan ini perlu kamu hilangkan. Selain gula, pemanis lain seperti krimer dan karamel pun masuk dalam daftar yang harus kamu coret. Ini karena pemanis mengandung kalori yang tinggi. Ada baiknya, kamu mengganti pemakaian pemanis dengan susu rendah lemak. Rasa kopinya tetap bisa enak, kok.

Perhatikan Waktu Konsumsi Kopi

https://img.webmd.com/dtmcms/live/webmd/consumer_assets/site_images/articles/health_tools/surprising_cholesterol_foods/getty_rf_photo_of_woman_drinking_coffee.jpg

Pagi hari adalah waktu yang tepat mengonsumsi kopi. (Webmd)

Satu hal yang nggak kalah pentingnya dalam menentukan berhasilnya dietmu adalah waktu mengonsumsi kopi. Menurut ahli nutrisi Sarah Flowers, waktu terbaik mengonsumsi kopi adalah pagi hari. Pada waktu tersebut, kopi mampu meningkatkan kemampuan, konsentrasi, dan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, lemak dalam tubuhmu akan terbakar melalui proses thermogenesis.

Hm, gimana nih, jadi diet dengan kopi? Jika memang iya, perhatikan aturan-aturan di atas supaya dietmu berhasil. Oh iya, jangan mengonsumsinya untuk jangka panjang, ya. (IB15/E04)