Sajian Unik Kopi Santan Khas Blora

Sajian Unik Kopi Santan Khas Blora
Kopi santan khas Blora. (Facebook.com)

Menyeduh kopi dengan air panas sudah biasa. Nah, kalau menyeduh kopi dengan santan itu yang nggak biasa. Wah, gimana tuh?

Inibaru.id – Pada umumnya, kopi diseduh menggunakan air panas ya, Millens. Namun, ada lo yang menyeduh kopi menggunakan santan. Ya, racikan kopi bercampur santan merupakan salah satu sajian unik khas Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kopi santan sudah muncul sejak puluhan tahun silam. Setelah ditelisik, kopi tersebut memang memiliki keunikan pada proses pembuatannya. Bahkan, kopi tersebut tercatat dalam buku Keberagaman Kopi Nusantara yang disusun oleh pengamat kuliner ternama, Bondan Winarno.

Kopi Santan masuk dalam buku Keberagaman Kopi Nusantara yang ditulis Bondan Winarno. (Infoblora.com)

Di Desa Jepangrejo, Blora nggak sedikit warung kecil yang menyajikan kopi santan khas Blora ini. Dari segi pembuatannya, kopi santan hampir sama dengan kopi klothok pada umumnya yakni berasal dari biji-biji kopi yang disangrai kemudian digiling sehingga menjadi bubuk kopi yang siap diracik seperti ditulis Sportourism.id, Selasa (10/6/2018).

Namun, perbedaannya hanya ada pada air seduhannya. Sesuai namanya, kopi santan diseduh menggunakan santan, bukan air panas biasa.

Lebih istimewa lagi karena santan yang dipakai untuk menyeduh itu diracik secara dadakan. Ini berarti, jika ada pelanggan yang memesan kopi santan, barulah kelapa mulai diparut kemudian diperas. Yap, santan segar adalah kuncinya karena memiliki rasa yang lebih gurih, Millens.

Setelah itu, santan segar yang telah diperas, dicampur dengan bubuk kopi dan gula. Lalu direbus sembari terus diaduk agar hasil seduhannya maksimal.

Proses pembuatan kopi santan. (Infoblora.com)

Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyajikan secangkir kopi santan. Em, lumayan cepat lah ya. Bisa lah waktunya buat ngobrol dengan penjualnya, melihat proses pembuatannya, ngobrol bersama teman, atau sekadar cekrek-cekrek buat dijadikan story. He-he.

Millens, selain unik, kopi ini juga sangat terjangkau kok. Untuk menikmati kopi khas Blora tersebut, kamu cukup membayar Rp 5 ribu per porsi. Tuh kan, murah.

Jadi, kalau kamu sedang ke Blora, jangan lupa mampir ke Desa Jepangrejo buat mencicipi kopi santan ya. Yuk cusss! (IB11/E04)