Viral Kopi Bubuk Instan Dapat Terbakar, Begini Penjelasan BPOM

Beberapa waktu lalu masyarakat sempat dibuat heboh dengan video yang memperlihatkan serbuk kopi bisa terbakar. Begini penjelasan BPOM.

Viral Kopi Bubuk Instan Dapat Terbakar, Begini Penjelasan BPOM
Penjelasan BPOM tentang kopi bubuk instan yang bisa terbakar. (Ottencoffee.co.id)

Inibaru.id – Beberapa waktu lalu, sebuah video yang memperlihatkan kopi instan dapat terbakar tersebar di media sosial. Hal itu pun membuat sebagian orang mempertanyakan kelayakan konsumsi kopi tersebut. Menanggapi kejadian ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan kopi instan yang dapat terbakar tetap aman dikonsumsi.

Melalui laman resminya pada Minggu (20/9/2018), BPOM mengungkapkan produk yang dapat terbakar tersebut masuk dalam kategori gula krimmer. Sampel produk yang terbakar itu terdiri atas gula, krimmer nabati, dan bubuk instan.

Nah, bubuk kopi yang berbentuk serbuk ringan dan partikel halus itu mengakibatkan kopi mudah terbakar. Selain itu, kandungan minyak ditambah kadar air yang rendah dalam kopi instan juga membuat kopi mudah terbakar dan menyala.

Lebih lanjut, BPOM menjelaskan, bubuk kopi itu mengandung rantai karbon dan kadar air yang rendah. Nggak heran saat disulut air langsung bisa terbakar atau menyala.

Tidak hanya kopi, makanan lain yang punya identifikasi serupa juga bisa terbakar. Makanan itu di antaranya terigu, merica bubuk, cabai bubuk, dan susu bubuk.

Jadi, sekarang nggak perlu khawatir lagi akan keamanan konsumsi kopi bubuk itu ya, Millens. Kendati bisa disulut api, kopi bubuk instan aman untuk dikonsumsi selama ada nomor izin edar dari BPOM. (MG12/E04)