Penderita Maag Boleh Minum Kopi, tapi…

Kafein dan keasaman kopi bisa memicu peningkatan asam lambung. Maag terpicu oleh itu. Tapi penderita maag yang demen kopi tetap bisa ngopi, asalkan….

Penderita Maag Boleh Minum Kopi, tapi…
Kopi seduhan manual (hellosehat.com)

Inibaru.id – Penderita maag umumnya disarankan untuk nggak mengonsumsi minuman berkafein, misalnya kopi. Tapi benarkah kopi bikin maag kambuh?

Kafein yang  terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung yang juga dikenal dengan maag.

Dikutip dari laman hellosehat.com, kopi, bahkan kopi dekafein (yang kandungan kafeinnya rendah), telah terbukti merangsang produksi asam. Karena itu, minum kopi terlebih saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan mengakibatkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Jadi, penderita maag nggak boleh minum kopi nih? Tunggu dulu! Laman Hellosehat.com dan pengelola Majalah Otten Coffee seperti ditulis dalam laman Majalah.ottencoffee.co.id mengindikasikan bahwa penderita maag boleh minum kopi tapi perlu memperhatikan beberapa hal.

Nah, Majalah Otten Coffee memberikan tips bagi penderita maag yang pengin menyeruput kopi.

1. Pilih kopi arabika

Kopi jenis arabika mengandung kafein dan acidity (keasaman) lebih rendah dibandingkan kopi robusta. Karena itu, arabika masih aman dikonsumsi penderita maag.

2. Seduh manual

Kopi seduhan manual atau manual brew, umumnya memakai filter untuk “menyaring” kopi. Metode ini lebih pas dikonsumsi penderita maag dibandingkan dengan metode tubruk yang biasanya melibatkan proses “perendaman” cukup lama.

3. Konsumsi kopi yang segar

Konsumsi kopi segar yang tanpa campuran lain lebih cocok untuk penderita maag. Kenapa? Yang meningkatkan keasaman bisa jadi dari zat campuran itu.

4. Pilih kopi yang disangrai light atau medium-dark

Cukup banyak artikel yang menyebut bahwa semakin gelap kopi disangrai (dark roast), maka akan semakin rendah juga kafein yang dikandungnya. Sekilas tampaknya benar. Namun, kebanyakan artikel tersebut tidak menyebutkan bahwa semakin dark roast kopi itu maka akan semakin tinggi pula kandungan karbondioksidanya yang justru bisa memicu maag kambuh seketika. Karena itu, sebaiknya mengonsumsi kopi yang disangrai light, atau maksimal hanya sampai pada level medium dark saja.

5. Penderita cukup akut, sebaiknya tidak minum kopi saat perut kosong

Perut yang kosong memang cukup berbahaya bagi penderita maag. Apalagi jika perut yang kosong itu diisi kopi berkafein tinggi. Pada penderita maag akut, kafein bisa memicu asam pada lambung dan membuat maag kumat. Nah, Sebaiknya konsumsi juga entah roti-rotian terlebih dahulu sebelum minum kopi.

Intinya, siapa pun yang menderita maag tapi tetap pengin ngopi, ikuti tips di atas, ya. (IB02/E04)