Penderita Diabetes Masih Bisa Ngopi, kok!

Beberapa orang yang memiliki diabetes sering berpikir dua kali saat pengin ngopi. Namun, nyatanya penderita diabetes masih tetap diperbolehkan ngopi asal memperhatikan hal-hal berikut.

Penderita Diabetes Masih Bisa Ngopi, kok!
Secangkir kopi untuk penderita diabetes. (Getitonline.co.za)

Inibaru.id – Ngopi memang sudah jadi kegemaran dan gaya hidup bagi sebagian orang. Pelbagai varian minuman berbahan dasar kopi pun ludes dilahap para penikmatnya. Sayang, para penderita diabetes nggak bisa serta merta menyeruput kopi kesukaannya seperti orang lain.

Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi dinilai nggak aman bagi penderita diabetes. Namun, salah seorang dokter spesialis penyakit dalam di Jakarta dr Benny Santosa mengatakan, kopi tetap aman diminum penderita diabetes. Menurut Benny, kopi justru punya banyak manfaat bagi tubuh termasuk bagi penderita penyakit ini seperti ditulis Doktersehat.com.

Eits, tapi para penderita diabetes nggak bisa sembarangan minum kopi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Millens.  Berikut sejumlah tips yang bisa digunakan para penderita diabetes yang pengin ngopi.

Batasi dan Perhatikan Waktu Saat Ngopi

Para penderita diabetes disarankan untuk tidak minum kopi lebih dari satu cangkir sehari. Kalau lebih dari itu, kamu bisa merasakan efek samping seperti jantung berebar-debar dan sebagainya.

Perhatikan juga waktu minum kopi. Kamu bisa minum setengah cangkir kopi beberapa saat setelah bangun tidur dan minum setengah cangkir lagi saat sore hari.

Pantau Terus Kadar Gula Darah

Walaupun masih boleh ngopi, kamu tetap harus memantau kadar gula darah setiap hari. Cek dan pantau kadar gula darah sehabis mengonsumsi kopi karena kopi bisa memengaruhi kadar glukosa dalam darah. Dengan memantau gula darah, kamu dapat mengetahui waktu-waktu kapan yang pas buat ngopi.

Kalau Suka Kopi Manis, Pakailah Pemanis Khusus Diabetes

Beberapa orang menyukai kopi yang manis. Namun, gula dan kopi bisa jadi kombinasi yang berbahaya bagi penderita diabetes. Nah, kalau kamu tetap pengin minum kopi manis, gunakanlah gula khusus penderita diabetes.

Ganti Topping dengan yang Lebih Aman

Jika kamu suka pakai creamer untuk topping kopimu, batasi jumlah pemakaiannya. Ini karena setiap sendok creamer biasanya memiliki 20-30 kalori. Jumlah kalori itu cukup tinggi, jadi lebih baik kamu menggantinya dengan susu rendah lemak atau malah nggak pakai topping.

Gimana, Millens, sudah siap menyeruput kopimu hari ini? Jangan lupa jaga kesehatan ya! (MG14/E04)