Menjajal Paduan Kopi dengan Karamel di Golden Brown Cafe

Kamu suka nongkrong sambil ngopi dan sedang mencari rekomendasi baru tentang tempat ngopi yang asyik? Yuk, intip serunya nongkrong di Golden Brown.

Menjajal Paduan Kopi dengan Karamel di Golden Brown Cafe
Golden Brown Cafe. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Penyuka kopi "beraliran" manual brewing mungkin akan menyukai kedai kopi satu ini. Golden Brown namanya. Beralamat di Jalan Tirto Agung 12A, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, kedai yang buka sejak 2015 lalu ini memang mengandalkan keahlian para baristanya yang begitu mahir menyajikan racikan kopi dengan "senjata" manual. 

Nggak cuma cara penyajiannya yang jadi andalan, ragam koleksi biji kopi yang mereka punyai juga boleh diadu. Varietas kopi Nusantara, mulai Gayo, Aceh, hingga Wamena, Papua tersedia di sini. Yap, para pengunjung bebas memilih kopi apa yang pengin mereka cicipi. Hm, menarik, bukan?

Nah, buat kamu yang belum pernah ke sini, Golden Brown punya dua menu kopi andalan nih, yakni Goldencafe dan V60. Goldencafe adalah kopi autentik kafe ini, Millens. Secara garis besar, Goldencafe adalah paduan espresso dengan karamel. Espresso yang mereka gunakan terbuat dari campuran kopi Bali Kintamani, Malabar, Robusta Flores, dan Robusta Sodong asal Ambarawa. Racikan ini membuat kopi jadi begitu kuat.

Kemudian, espresso itu dipadu dengan karamel dan air lalu dikocok. Meski rasa pahit kopi terasa kuat, ada rasa manis yang muncul dari karamel dan aroma berry dari kopi Malabar. Nah, kopi ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas. Keduanya sama-sama enak!

Sementara, menu V60 hanya bisa disajikan dalam keadaan panas. Menu yang namanya diambil dari metode pembuatannya ini termasuk paling sering dipesan pengunjung karena mereka bebas memilih kopi mana yang akan diseduh. Nah, buat kamu yang nggak terlalu suka rasa asam, coba pakai kopi Mandailing. Aroma kopinya wangi dan ketika diminum akan menyisakan rasa cokelat yang tertinggal di tenggorokan. Slurp!

GoldenCafedanV60,menuandalankafeini

Salah satu sajian kopi di Golden Brown. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Wedha Achmad, pemilik Golden Brown mengatakan bahwa dia mendapatkan biji-biji kopi untuk kafenya dari roaster-roaster lokal Semarang dan Yogyakarta. Biji kopi itu lalu dia giling sendiri hingga jadi bubuk. Soal memilih biji kopi pun Wedha nggak main-main lo.

“Harus yang masih fresh dan nggak terlalu lama ada di masa penyimpanan. Biji kopi yang sudah terlalu lama disimpan biasanya kalau diproses jadi beda rasanya. Kualitas juga harus tetap kami jaga,” tuturnya saat ditemui Inibaru.id di kafenya, Kamis (5/6/2018).

SalahsatusudutGoldenBrown

Suasana Golden Brown. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Selain dua menu favorit tadi, Golden Brown juga menyediakan banyak menu lain lo. Nggak cuma kopi, ada juga minuman olahan cokelat, teh, camilan, hingga makanan berat. Perlu kamu tahu, setiap sudut Golden Brown juga instagramabel banget nih. Jadi, selain ngopi-ngopi, kamu bisa puas nongki-nongki plus foto-foto dan langsung unggah ke media sosial.

Oya, untuk mengintip menu lainnya, stalk akun Instagram mereka di @goldenbrowncafe ya. So, tunggu apa lagi? Yuk, cobain nongki sambil ngopi cantik di Golden Brown, pasti ketagihan! (Mayang Istnaini/E03)