Menjadi Q Grader, Menjadi Pakar Cita Rasa Kopi

Menjadi Q Grader, Menjadi Pakar Cita Rasa Kopi
Q Grader. (Northstarroast.com)

Bagi masyarakat awam, profesi sebagai Q Grader memang terdengar asing ditelinga. Namun, dalam dunia coffee speciality, Q Grader adalah profesi yang sulit dicapai karena harus melewati proses dan latihan yang panjang. Seperti apa sih?

Inibaru.id – Bagi kamu yang bergelut dalam dunia speciality coffee, pasti sudah nggak asing lagi dong dengan profesi Q Grader. Yap, Q Grader adalah seseorang yang bertanggung jawab menjalankan penelitian terhadap cita rasa kopi.

Untuk menjadi Q Grader, mereka harus menjalani serangkaian tes panjang dan rumit sebelum akhirnya mendapat sertifikat internasional dari Coffee Quality Institute (CQI) yang berbasis di California, Amerika Serikat.

CQI adalah lembaga internasional yang memastikan kopi yang didistribusikan telah melalui tahap uji. Hal ini sangat berkaitan dengan kelancaran coffee chain industry dalam hal distribusi kopi speciality. Oleh karena itu, CQI kemudian menciptakan program Q Grader.

Sertifikat Q Grader. (Slideshare.net)

Ada beberapa tugas yang harus dilaksanakan Q Grader, di antaranya menilai kualitas kopi secara subjektif, mengidentifikasi karakteristik kopi, mendeteksi coffee defects, dan mengomunikasikan karakteristik kopi menggunakan terminologi industri yang umum.

Tenang saja, Millens. Kendati tampak sulit, kamu tetap bisa jadi Q Grader kok asal mau berproses dan berlatih secara konsisten. Kamu bisa memulainya dengan membiasakan ngopi tiap hari untuk mengenali karakter rasa kopi. Selain itu, kamu juga perlu membedakan tingkatan roasting, melatih kepekaan indra penciuman, hingga mengidentifikasi asal kopi. Kalau sudah, kamu bisa memberi nilai rasa kopi menggunakan SCAA Cupping Form.

Menghadiri cupping class di coffee shop atau rutin mengikuti gathering bersama pencinta kopi juga salah satu bekal untuk menjadi Q Grader. Dengan menghadiri acara-acara itu, kamu bisa berbagi atau bertukar informasi seputar kopi dengan orang yang serenjana denganmu. Gimana Millens, berminat? (IB18/E04)