Menilik Keistimewaan Kopi Robusta Merapi, Yuk!

Kopi robusta Merapi memiliki rasa yang khas. Kopi istimewa ini bahkan sudah dikenal hingga mancanegara, lo.

Menilik Keistimewaan Kopi Robusta Merapi, Yuk!
Kopi robusta Merapi yang terkenal istimewa. (Lintaskopi.com)

Inibaru.id – Gunung Merapi memiliki banyak daya tarik wisata. Selain keindahan alam pegunungannya, Merapi juga mempunyai biji kopi yang khas. Yap, kopi robusta Merapi. Kopi yang juga disebut "Kopi Meneer" ini sekarang mulai diminati masyarakat dunia lo, Millens.

Konon, Kopi Meneer memang sudah ada sejak zaman penjajahan. Namun, pada 1990-an, kopi ini sudah nggak dibudidayakan di Merapi lantaran kopi Meneer nggak mampu bersaing dengan kopi robusta lainnya karena biji kopinya yang kecil. Setelah mengubah ukuran biji kopi menjadi lebih besar, kopi  robusta Merapi akhrinya bangkit kembai pada 1992. Pengubahan itu berkat usaha para petani kopi yang jungkir balik menanam kopi dan efek erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam.

Dikenal sebagai bio coffee, kopi robusta Merapi memiliki keistimewaan yang nggak dimiliki kopi lainnya, lo. Karakteristik kopi yang bening, dilaim bisa membuat siapa pun yang meminum kopi ini bakal merasakan kenikmatannya, yaitu keaslian dari biji kopi robusta. Nggak hanya itu, seduhan kopi robusta Merapi memang nggak berwarna hitam pekat, Millens. Hal tersebut lantaran 90 persen media penanamannya adalah tanah yang berasal dari Gunung Merapi.

Kendati mendapat pengaruh dari abu vulkanik serta sisa-sisa lava gunung, tanah di sekitar Gunung Merapi terkenal sangat subur. Itulah yang membuat tanah Merapi cocok untuk ditanam kopi robusta pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Jenis kopi robusta yang dihasilkan pun cukup murni tanpa ada tambahan bahan apapun.

 

 

Perkebunan kopi di tanah Merapi yang subur. (Trubus.id)

 

Soal rasa, boleh diadu! Citarasa yang dihasilkan dari kopi robusta Merapi tetap sedap, halus dan ringan meski nggak berwarna hitam pekat.

Masyarakat sekitar juga punya cara unik untuk menikmati kopi tersebut lo. Selain gula pasir, masyarakat lebih sering mencampurkan kopi tersebut dengan gula aren atau gula jawa. 

Kopi robusta Merapi juga diketahui memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bakal kamu dapatkan seperti mencegah depresi dan meningkatkan metabolisme tubuh. Eits, tapi tentunya dengan takaran yang sewajarnya ya.

Lintaskopi.com (22/8/2017), menulis, kopi robusta Merapi pernah menyabet beberapa penghargaan serta sudah berstandar SNI dan tercatat di Dipkes RI. Hingga kini, kopi robusta Merapi menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta dan sebagai primadona di dunia.

Wah, kamu perlu mencobanya nih! Kalau ke Yogyakarta, bolehlah sesekali membawa pulang kopi Merapi. Jangan membawa pulang kenangan terus dong. Ups! (IB11/E04)