Hama-Hama Ini Sering Merugikan Petani Kopi

Hama-Hama Ini Sering Merugikan Petani Kopi
Jenis-jenis hama yang sering menyerang tumbuhan kopi. (Paktani.net)

Kamu tertarik menjadi petani kopi? Eits, sebelum itu ketahui dulu jenis-jenis hama yang biasa menyerang tanaman kopi.

Inibaru.id – Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari masyarakat. Di Indonesia, kopi juga menjadi salah satu komoditas ekspor yang diminati. Nggak heran kalau sejumlah orang di beberapa daerah serius untuk menanam kopi.

Nah, kalau kamu tertarik menjadi petani kopi, tentunya ada banyak hal yang harus kamu ketahui, salah satunya hama. Hal ini penting agar kamu dapat mengantisipasi datangnya hama tersebut pada lahan kopi milikmu. Berikut jenis-jenis hama yang bisa menyerang tanaman kopi.

1. Hama Bubuk Buah

Hama bubuk buah adalah hama yang paling sering menyerang kopi. Hama ini berkembang dengan cara menanamkan telurnya ke biji kopi yang mulai mengeras. Sekali bertelur, hama bubuk buah bisa menghasilkan 55 butir, lo. Kerugian yang disebabkan hama jenis itu minimal 50 persen dari jumlah panen. Hm, pantas saja hama ini sangat diwaspadai petani ya, Millens.

Untuk memusnahkan hama bubuk buah, cobalah petik buah-buah kopi yang telah teinfeksi. Ini akan membantu meminimalisir penyebarannya ke buah-buah lain.

2. Cendawan Akar

Cendawan akar adalah salah satu jenis cendawan yang paling sering menyerang tanaman kopi. Kalau kopi sudah terkena cendawan ini, daunnya akan berubah menguning lalu rontok dalam keaadan kering. Supaya nggak menyebar ke tanaman lain, hama jenis ini hanya bisa dibasmi dengan membakar akarnya atau menebangnya sampai tuntas. Tentu kamu harus memperhitungkan langkah tersebut masak-masak, ya.

3. Karat Daun Kopi

Karat daun kopi berkembang karena dipengaruhi kelembapan. Angin membantu proses penyebaran spora ini. Untuk mengetahui apakah gejala tersebut menyerang tanaman kopimu, coba perhatikan daunnya. Jika terdapat bercak kuning yang kemudian berubah menjadi coklat dan banyak daun yang gugur, tanaman kopimu bisa jadi terserang penyakit jenis ini.

Untuk menghindari karat daun, kamu perlu melakukan pemangkasan dan pemupukan. Pemupukan yang dilakukan tiap tiga bulan sekali akan membuat tanaman kopi terbebas dari karat daun.

4. Hama Kutu Putih

Hama kutu putih bisa bertelur hingga 300 butir dengan cara membuahi telur-telurnya sendiri. Secara umum, hama kutu putih menyerang 3-4 bulan di awal musim kering. Jika sudah menyerang tanaman kopi, hama kutu putih bisa menyebabkan tunas mati, daun berubah bentuk, dan buah mati.

Supaya tanamanmu nggak terjangkit hama ini, kamu perlu menanam pohon pelindung yang nggak menjadi sumber infeksi. Pohon yang efektif digunakan sebagai pohon pelindung yakni pohon gamal (Gliricidia).

Wah, banyak juga ya hama yang menyerang tanaman kopi. Bagaimana, masih tertarik menjadi petani kopi? Kalau iya, sebaiknya terapkan cara-cara di atas agar panenmu sukses ya, Millens. (IB15/E04)