Mencicipi Pahit dan Harumnya Kopi Sidikalang

Mencicipi Pahit dan Harumnya Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang (Backpackerjakarta.com)

Kopi Sidikalang memiliki tekstur yang halus dan cita rasa yang khas. Cocok banget nih buat kamu yang suka mencicipi aneka macam kopi.

Inibaru.id – Bagi sobat Millens yang mengaku pencinta kopi, nggak lengkap rasanya bila kamu belum mencicpi kopi Sidikalang. Ya, kopi yang berasal dari Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara ini adalah salah satu kopi terbaik di dunia yang rasanya menyaingi kopi Brazil. Wah, enak banget tuh pastinya.

Rasa khas pada kopi Sidikalang didapatk dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di Bukit Barisan yang berada di ketinggian 250-1700 meter di atas permukaan laut. Rasa kopi ini cenderung berbeda dengan kopi kebanyakan karena kopi Sidikalang punya rasa yang sedikit manis seperti cokelat. Kopi Sidikalang juga terkenal wangi, lo.

Kopi Sidikalang berjenis Robusta. Kopi ini menghasilkan tingkat keasaman yang rendah sehingga cocok bagi kamu yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag. Sementara itu, untuk teksturnya, kopi robusta Sidikalang sedikit lebih kasar daripada kopi arabika.

Mayoritas kopi di Sumatera seperti Sidikalang, Mandailing, dan Lintong Nihuta diolah secara kering maupun basah. Semakin lama rasa kopi ini tertinggal di mulut dan tenggorokan, semakin tinggi nilai after taste-nya. Sebagai informasi, istilah after taste adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan "rasa kedua" dari kopi yang sudah diseduh. Daya tahan ini dihasilkan melalui proses retronasal yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga membuat otak meneruskan rasa dan aroma kopi.

Kopi ini memiliki aroma nutty atau kacang-kacangan. Selain itu, kamu juga bisa mencium aroma seperti coklat di kopi ini seperti ditulis Lintaskopi.com, (18/7/2017). Kalau kamu mencium percampuran dua aroma itu ebrrarti kopi yang kamu minum termasuk dalam golongan grade A yakni kopi dengan kelas terbaik.

Nggak heran kalau kopi ini jadi kopi terbaik di dunia. Bahkan kopi Sidikalang menguasai 30 persen pasar kopi di dunia nih, Millens. Joss deh pokoknya!

Jika kamu tertarik untuk menikmati kopi Sidikalang, mampirlah ke kedai-kedai kopi yang bertebaran di Medan. Di sana, kamu bisa membeli kopi yang sudah diseduh atau membeli kopi dalam kemasan 250 gram. Untuk kopi kemasan 250 gram, biasanya mereka menjual di kisaran harga Rp 127.500. Saat ini, sudah banyak juga yang menjual kopi Sidikalang via daring. Jadi, semakin mudah mendapatkannya. Wah langsung tancap gas, Millens. (IB15/E04)