Bukan Pagi Hari, Ini Waktu Tepat Buat Minum Kopi

Millens, aktivitas ngopi itu nggak boleh dilakukan di sembarang waktu, lo. Kalau salah waktu malah bisa berimbas pada kesehatanmu. Berikut waktu ngopi yang pas buatmu.

Bukan Pagi Hari, Ini Waktu Tepat Buat Minum Kopi
Waktu terbaik minum kopi. (Thedailymeal.com)
Inibaru.id - Bagi sebagian orang, aktivitas minum kopi merupakan aktivitas wajib yang dilakukan setiap hari. Bahkan, mereka bisa ngopi lebih dari satu kali dalam sehari. Hal ini karena kopi dipercaya dapat membantu meningkatkan produktivitas dan memiliki manfaat kesehatan.
 
Eits, tapi kamu harus memperhatikan waktu minum kopi dulu nih. Kalau salah memilih waktu, kopi yang kamu minum malah nggak baik untuk kesehatanmu.
 
Selama ini, banyak orang yang terbiasa minum kopi pada pagi hari. Namun, mengonsumsi kopi di pagi hari ternyata bukan waktu yang tepat. Kompas.com, Kamis (11/1/2018), menulis, para ilmuwan mengatakan mengonsumsi kopi setelah bangun tidur di pagi hari justru mengakibatkan produksi kortisol meningkat dalam kuantitas puncak. Kortisol dianggap sebagai hormon stres karena bekerja saat kamu berada dalam tekanan. Selain dianggap sebagai hormon stres, kortisol juga dianggap sebagai hormon kewaspadaan.
 
Kopi yang mengandung kafein bakal menurunkan produksi kortisol dalam tubuh bila dikonsumsi saat pagi hari. Kandungan kafein itu juga kurang efektif bekerja dalam tubuhmu. Selain itu, minum kopi pada pagi hari bisa membuatmu kecanduan dengan kafein.
 
Nah, agar kafein yang kamu konsumsi bermanfaat, cobalah waktu lain seperti pukul 09.30-11.30, 13.00-17.00, dan sekitar pukul 18.30. Saat-saat itu hormon kortisol nggak diproduksi dalam jumlah yang tinggi, Millens. Jadi, kafeinmu nggak mengganggu produksi kortisolmu.
 
Hayo, jangan salah pilih waktu ya! (IB15/E04)