Selain Diminum, Kopi Juga Bisa Dibuat Masker Wajah, lo

Nggak cuma bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kopi juga dipercaya berkhasiat untuk wajah. Masker kopi disebut-sebut bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terlihat awet muda.

Selain Diminum, Kopi Juga Bisa Dibuat Masker Wajah, lo
Masker kopi untuk kesehatan kulit. (Beautyepic.com)

Inibaru.id – Kopi adalah salah satu minuman yang punya segudang khasiat. Nggak cuma buat kesehatan tubuh, kopi juga dipercaya dapat meningkatan kesehatan kulit. Ini karena kandungan antioksidan dan kafein yang ada pada kopi.

Kandungan antioksidan dan kafein pada kopi dipercaya baik untuk kulit. Karena alasan itulah, banyak orang yang membuat masker wajah dari kopi. Sejumlah produk kecantikan pun turut menjadikan ekstrak kopi sebagai salah satu bahan utamanya.

Di dalam dunia kecantikan, konon masker kopi dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu, masker kopi juga bisa membuat kulit terlihat lebih awet muda seperti dilansir dari Alodokter.com, Selasa (20/3/2018).

Selain aromanya yang menenangkan, biji kopiadalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines. Kandungan itu semakin aktif setelah dipanggang. 

Kandungan antioksidan kuat seperti polifenol, asam klorogenik, asam quinic dan asam ferulic yang terkandung dalam ekstrak kopi terutama kopi arabika, juga disebut dapat memperbaiki garis-garis halus di wajah, keriput, hingga pigmentasi kulit, Millens.

Kafein yang terkandung dalam kopi juga banyak digunakan sebagai senyawa aktif dalam produk antiselulit karena mencegah akumulasi lemak berlebihan. Senyawa kafein juga membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan memperlambat proses penuaan dini.

Selain itu, produk kecantikan yang mengandung kopi juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperlancar peredaran darah di kulit.

Nggak perlu beli, kamu juga bisa membuat masker kopi di rumah kok. Cukup sediakan bubuk kopi, yoghurt, susu, dan minyak zaitun atau madu. Campur semua bahan dan adiklah hingga rata. Setelah itu, oleskan masker ke wajah dan biarkan mengering.

Kendati manfaat kopi untuk kulit belum terbukti kuat secara ilmiah, tapi nggak ada salahnya kan mencoba masker kopi di atas. Namun, bila kulitmu menunjukkan tanda-tanda alergi terhadap masker ini, sebaiknya hentikan penggunaannya, ya. (MG12/E04)