Kopi yang (Ternyata) Sehat untuk Jantung

Ada kabar bagus nih untuk kamu pecinta kopi. Nggak cuman bikin mata melek, kopi juga bisa membantu seseorang menurunkan risiko terkena penyakit jantung loh. Wah, kayak apa sih?

Kopi yang (Ternyata) Sehat untuk Jantung
Kopi sehat untuk jantung. (Virgool.io)

Inibaru.id – Selama ini banyak orang hanya tahu bahwa kopi bisa membuat mata kita melek. Namun, nggak banyak yang tahu ada banyak khasiat lain dari minuman hitam tersebut bagi kesehatan kita. Apa ya kira-kira, Millens?

Kompas.com, Sabtu (31/3/2018), menulis, penelitian terbaru yang dilakukan di Brasil mengungkapkan, meminum setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Ini sekaligus menegaskan bahwa para penikmat kopi memiliki risiko lebih kecil menderita serangan jantung dan stroke.

Penelitian ini pun didukung proses pengamatan lebih dari 4.400 orang yang tinggal di Sao Paulo, Brasil. Para peneliti bertanya tentang kebiasaan meminum kopi para peserta. Selain itu, peneliti tersebut juga mengambil riwayat kondisi jantung secara spesifik dengan mencari tumpukan kalsium di arteri koroner yang memasok darah ke jantung.

Baca juga:
Menyesap Kopi Lintong yang Mulai Mendunia
Kopi dan Kuning Telur dalam Secangkir Kopi Talua

Penumpukan kalsium ini dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga lebih sulit bagi darah untuk mencapai jantung. Jika ada yang patah dan menghalangi arteri, penyumbatan itu dapat memicu serangan jantung.

Hasilnya, ilmuan asal Universitas Sao Paulo yang memimpin penelitian ini, Andreia Miranda, mengatakan, kebiasaan mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi menurunkan kemungkinan kalsifikasi koroner.

Dalam istilah awam, tiga cangkir kopi sehari dapat menghentikan pembentukan kalsoium yang dapat menyebabkan serangan jantung. Itulah yang terjadi pada 4.400 orang yang tinggal di Sao Paulo.

Hasil dari penelitian ini kemudian dipublikasikan di Journal of American Heart Association. Ini dilakukan agar banyak orang yang mengetahui tentang fakta ini dan menjadi sumber pengetahuan mereka. Menurut mereka, publikasi tersebut penting lantaran hingga saat ini penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Baca juga:
Liong Bulan, Kopi Tersohor dari Bogor
Berkat Anak Muda, Tren Ngopi Akan Terus Eksis

Wah, kabar bagus buat kamu yang begitu menggemari kopi nih, Millens. Eits, tapi tetap diingat-ingat ya, jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu nggak baik! Akur? (ANG/GIL)