Si Kuning Yellow Caturra, Kopi Enak yang Langka

Bila biji kopi matang biasanya berwarna merah, kopi Yellow Caturra justru berwarna kuning. Namun, jangan tanya soal rasa karena ini juaranya.

Si Kuning Yellow Caturra, Kopi Enak yang Langka
Kopi Yellow Caturra. (Klinikkopi.com)

Inibaru.id – Buat kamu yang mengaku menggandrungi kopi, tampaknya kamu harus mencoba kopi satu ini. Rasanya yang enak serta aromanya yang kuat bisa membuatmu ketagihan meminumnya. Kopi ini juga unik karena buahnya berwarna kuning. Namanya kopi Yellow Caturra.

Berbeda dari kebanyakan kopi yang dianggap matang bila buahnya berwarna merah, Yellow Caturra justru dikatakan matang sempurna bila buahnya berwarna kuning, sesuai dengan namanya. Tekstur biji kopinya lebih keras dibanding kopi lain. Bijinya pun lebih kecil daripada biji kopi pada umumnya.

Baca juga:
Februari, Ekspor Kopi Indonesia Baru Tembus 22 Ribu Ton
Menikmati Bulletproof Coffe, Kopi Campur Mentega nan Unik

Pengembang Yellow Caturra di Indonesia banyak dijumpai di Desa Beiwali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Selain Indonesia, kopi jenis ini juga bisa kamu temukan di Amerika Latin.

Yellow Caturra memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini karena habitat Yellow Caturra berada di ketinggian 1.100 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga:
Goth Latte Ampuh Usir Racun dalam Tubuh
Berkat Anak Muda, Tren Ngopi Akan Terus Eksis

Masalah rasa, Yellow Caturra nggak perlu diragukan lagi. CEO International Coffee Consulting Rocky Rhodes mengatakan, kopi Yellow caturra memiliki rasa yang paling unik dibanding kopi Indonesia lainnya, seperti dilansir dari Grid.id (20/08/2016) . Hal itu didapatkannya setelah mengobservasi sejumlah kopi dari segi rasa dan aroma.

Nah, buat kamu pencinta kopi, cobalah! Konon kopi ini memiliki perpaduan rasa antara vanila, markisa, dan lemon. Hm, tiga rasa dalam satu sajian kopi. Patut dicoba nih, Millens. (TRA/GIL)