Kopi Rasa Tembakau dari Temanggung

Lumrah bila kopi terasa asam bahkan pahit. Namun, kopi satu ini memiliki rasa tembakau. Loh kok gitu?

Kopi Rasa Tembakau dari Temanggung
Kopi Temanggung. (Jualkopitemanggung.com)

Inibaru.id - Kopi memiliki sifat penyerap aroma sehingga rasa kopi di setiap daerah berbeda. Aroma itu merupakan dampak dari media tanam dan tanaman pendampingnya. Nah, salah satu kopi yang memiliki cita rasa khas yakni kopi Temanggung yang beraroma tembakau.

Selama ini, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memang terkenal sebagai penghasil tembakau. Di sana, tanaman kopi kerap kali ditanam berdampingan dengan tanaman tembakau berkualitas terbaik. Itulah yang mengakibatkan rasa kopi Temanggung mirip dengan tembakau seperti yang ditulis Kompas.com (19/2/2017).

Baca juga:
Kopi yang (Ternyata) Sehat untuk Jantung
Bersabar Menikmati Kopi Klothok Pak Sadar

Kopi yang ditanam di Temanggung biasanya berjenis Robusta dan Arabika. Kopi robusta ditanam di daerah Pringsut, Kranggan, Kaloran, Kandangan, Jumo, Gemawang, Candiroto, Bejen, dan Wonoboyo. Sementara itu, kopi arabica ditanam di dataran tinggi Temanggung. Kopi arabika ini nih yang punya aroma dan cita rasa tembakau. Aroma tembakau bakal muncul dari biji kopi saat diolah hingga diseduh menjadi minuman. 

Pada mulanya, masyarakat Temanggung hanya menanam kopi untuk menahan terjadinya erosi di kebun tembakau. Namun, lambat laun masyarakat menyadari nilai ekonomi yang ada pada kopi tersebut. Masyarakat lantas mulai mengolah kopi yang ada di kebunnya.

Baca juga:
Bersabar Menikmati Kopi Klothok Pak Sadar
Mengenal Kopi Luwak yang Menjadi Kopi Termahal di Dunia

Proses pengolahan kopi di Temanggung dimulai sejak 1980-an. Kopi itu, biasanya dijual di sejumlah warung dan toko sekitar Temanggung. Nah, petani kopi Temanggung pengin merambah pasar yang lebih luas lagi sehingga mereka gencar melakukan peningkatan kualitas produk termasuk pengemasan produk.

Wah, patut dicoba nih, Millens. Kopi ini pas banget lo buat kamu pencinta kopi sekaligus rokok, jadi ngopi sekaligus ngrokok. Hehe (MAY/IF)