Nggak Cuma Toraja, Sulawesi Tengah juga Punya Kopi Khas

Nggak cuma daerah Toraja yang punya kopi khas, Sulawesi Tengah juga punya beberapa kopi khas. Berikut kopi khas di Sulawesi Tengah.

Nggak Cuma Toraja, Sulawesi Tengah juga Punya Kopi Khas
Kopi Toratima salah satu kopi di Sulawesi Tengah. (Karsa Institute)

Inibaru.id – Bila berbincang tentang kopi khas Sulawesi, satu nama yang pasti disebut adalah kopi Toraja. Beberapa media bahkan menyebut kopi ini sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia. Namun, rupanya Sulawesi memiliki lebih banyak kopi khas, Millens.

Sulawesi Tengah termasuk salah satu di antara daerah penghasil kopi di pulau yang ada di bagian timur Indonesia. Hampir seluruh wilayahnya memiliki tanaman kopi. Kabupaten Sigi merupakan daerah di Sulawesi Tengah dengan areal perkebunan kopi paling luas di provinsi ini.

Kabupaten Sigi dan Poso merupakan daerah dengan sejarah kopi panjang di provinsi ini. Kebun-kebun kopi di dua daerah tersebut disebut sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Tanaman kopi kemudian disebarluaskan hingga  kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Kulawi, Pipikoro, Palolo, dan kawasan lembah sekitar daerah Poso.

Secara umum, kopi khas Sulawesi Tengah mempunyai karakter rasa unik dengan aroma yang kuat dan rasa yang sedikit gurih. Kopi di Sulawesi Tengah juga umumnya berjenis robusta meskipun ada beberapa kopi yang berjenis arabika.

Salah satu kopi arabika di Sulawesi Tengah adalah kopi Sojol. Kopi ini berasal dari Kabupaten Donggala yang beberapa waktu lalu dilanda tsunami. Detik.com, Selasa (2/10/2018) menulis, kopi Sojol ditanam di pegunungan dengan ketinggian 3.226 mdpl.

Oh iya, ada juga kopi unik yang membutuhkan bantuan hewan seperti kopi luwak. Yap, namanya kopi Toratima. Kopi unik ini merupakan hasil fermentasi alami dari kelawar, tikus, dan tupai.

Sama dengan kopi luwak, kopi Toratima juga bersumber dari biji kopi yang dimakan dan dimuntahkan hewan-hewan tersebut. Biji inilah yang kemudian diolah dengan cara disangrai dan ditumbuk secara tradisional. Masyarakat Pipikoro, Sigi yang punya kopi itu biasanya menjadikan kopi Toratima sebagai minuman yang disuguhkan kepada tamu.

Hm, banyak juga kan pilihan kopi dari Sulawesi, Millens. Jadi, kamu mau coba cicip yang mana dulu nih? (MG12/E04)