Mencecap Kopi Excelsa dari Afrika

Selain Robusta dan Arabika, ada juga lo kopi jenis excelsa yang laris di pasaran. Wah, apa tuh excelsa?

Mencecap Kopi Excelsa dari Afrika
Kopi Excelsa. (Kopiungaran.weebly.com)

Inibaru.id – Ngopi menjadi suatu kegiatan yang sedang ngetren di Indonesia. Masyarakat terutama anak muda gemar pergi ke kafe untuk menyeruput secangkir kopi. Nah, kopi-kopi yang ada di kafe itu didominasi kopi Robusta dan Arabika. Namun, ada juga lo jenis kopi lain yang turut mewarnai dunia perkopian yakni kopi Excelsa.

Kopi excelsa kali pertama ditemukan di Afrika Barat oleh Auguste Chevalier pada 1905. Tanaman ini dijumpai di sekitar Sungai Chari, dekat Danau Chad di Afrika Barat. Kopi ini digolongkan dalam spesies Coffea excelsa atau kadang disebut juga Coffea dewevrei. 

Baca juga:
Berkat Anak Muda, Tren Ngopi Akan Terus Eksis
Menikmati Bulletproof Coffe, Kopi Campur Mentega nan Unik

Jurnalbumi.com, Sabtu (17/3/18), menulis, kopi excelsa memiliki ciri khas warna daun hijau tua di bagian depan dan hijau terang di bagian belakang. Ukuran daun kopi excelsa lebih lebar dan luas, bunganya juga putih dan lebih besar dibanding kopi jenis lain. Kendati bunganya lebih besar, buah kopi excelsa pendek dan lebar. Biji kopi excelsa lebih kecil dari robusta, warnanya kuning cerah mirip liberika.

Meski berasal dari Afrika Barat, kopi excelsa juga ada di Indonesia lo. Kopi ini dibudidayakan secara terbatas oleh masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Masyarakat di sana sudah membudidayakan kopi excelsa selama 50 tahun. Wah!

Baca juga:
Menikmati Bulletproof Coffe, Kopi Campur Mentega nan Unik
Cara Starbucks Kurangi Kertas untuk Kelestarian Lingkungan

Kopi excelsa cenderung dapat berbuah sepanjang tahun. Proses budidayanya juga nggak terlalu susah karena kopi ini dapat tumbuh di lahan gambut dengan tingkat kesuburannya rendah. Hal ini karena daya tahan hidup kopi excelsa kuat banget. Ini berbeda dengan kopi jenis arabika dan robusta yang hanya dapat tumbuh di daerah-daerah tertentu dengan tingkat kesuburan tinggi seperti ditulis Kerinci.coffee.blogspot.co.id (21/6/16).

Soal rasa, kopi ini punya aroma yang kuat dengan rasa pahit yang dominan. Hm, jadi pengin coba nih! (MAY/IF)