Kopi Gayo dan Temanggung di Tengah Kehangatan Ovius Coffee

Apa yang biasanya membuat kamu betah dan merasa nyaman di sebuah kedai kopi? Kopi yang enak, teman sepeminuman kopi, atau wifi yang kencang?

Kopi Gayo dan Temanggung di Tengah Kehangatan Ovius Coffee
Kopi manual brew di Ovius Coffee. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Bagi saya, mengunjungi sebuah kedai kopi nggak sekadar menyeruput kopi terbaik buatan baristanya. Bukan juga sekadar bercengkerama bersama teman sepeminuman kopi. Keramahan dan kenyamanan pemilik dan pelayan di sebuah kedai kopi juga menjadi salah satu hal yang bisa membuat saya pengin terus kembali lagi ke sana.

Hal itu saya temukan di Ovius Coffee. Kedai kopi mungil nan hangat itu berada di Jalan Ahmad Yani No 55-57 Blok B12, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Kedai kopi itu baru saja dibuka Januari 2018 silam oleh Ajid Dhakirin dan Anang Ady S. Kecintaan keduanya pada kopi membuat persahabatan mereka berlanjut ke kancah bisnis kedai kopi.

Ketika saya menyambangi Ovius Coffee belum lama ini, keduanya langsung menyambut ramah bak kawan lama. Saya memesan kopi Gayo Honey dan Gayo Wine yang diseduh secara manual dengan teknik V60.

Suasana di Ovius Coffee. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Hm, Gayo Honey, kopi gayo yang diproses dengan madu (honey process), terasa lebih lembut dan nggak begitu asam. Pas seperti karakteristik kopi kesukaan saya. Sementara, Gayo Wine bercita rasa lebih kuat dan meninggalkan sedikit rasa pahit pada akhir sesapan.

Selain kopi gayo, Ovius Coffee juga menyajikan kopi arabika Temanggung dalam daftar menu mereka. Yap, untuk sekarang mereka memang hanya fokus pada dua varian kopi itu saja, Millens. Kopi-kopi itu mereka dapatkan langsung dari petaninya dalam bentuk green bean. Biji kopi itu kemudian akan mereka panggang sendiri dengan kualitas terbaik.

Buat kamu yang suka kopi dengan tambahan susu atau krimer, jangan khawatir, di sana juga ada. Ovius Coffee menyediakan menu lain seperti capuccino dan latte kok.

Oya, harga kopi di Ovius Coffee juga terjangkau. Kisaran belasan hingga puluhan ribu saja. Kalau disandingkan dengan rasa kopi yang nikmat dan suasana yang hangat. Hm, worth a try, right?

Kalau kamu berminat datang ke sana, Ovius Coffee buka mulai pukul 17.00 WIB tuh, sedangkan jam tutupnya masih fleksibel. Jadi, kamu bisa berlama-lama di sana sembari menyesap kopi dan bercengkerama.

Hm, coffee is always a good idea, kan? (Mayang Istnaini/E03)