Menikmati Dua Rasa Kopi dalam Secangkir Kopi Empat Lawang

Sumatera Selatan punya kopi unik yang mempunyai dua rasa pada secangkir kopinya. Hm, gimana tuh?

Menikmati Dua Rasa Kopi dalam Secangkir Kopi Empat Lawang
Kopi Robusta Empat Lawang. (Melly Puspita)

Inibaru.id – Kopi Robusta asal Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan memiliki rasa kopi yang berbeda dengan kopi khas daerah yang lainnya. Ini karena kopi Empat Lawang merupakan perpaduan antara kopi jenis robusta dan arabika. Wah unik nih!

Kabupaten Empat Lawang memang terkenal sebagai penghasil kopi robusta. Namun, kopi ini memiliki dua rasa sekaligus karena merupakan hasil persilangan kopi robusta dan arabika yang sudah berlangsung sejak zaman Belanda. Tiap Pohon kopi di sana, 70 persen batangnya menghasilkan biji kopi robusta, sementara 30 persen lainnya menghasilkan biji arabika.

Okezone.com, Selasa (29/8/2017), menulis, kopi robusta Empat Lawang, berasal dari petani kopi daerah Kecamatan Ulumusi, Talangpadang, Pendopo, Lintangkanan dan Muarapinang dan Paiker, di mana penghasilan utama penduduknya bertani kopi.

Kopi Empat Lawang memiliki aroma yang menyeruak ketika diseduh, bahkan aroma tersebut sudah tercium saat masih menjadi bubuk. Kopi ini juga memiliki rasa pahit yang dominan dengan sedikit rasa asam ciri khas arabika. Untuk menghasilkan cita rasa unik itu, para petani kopi mengolahnya dari biji kopi yang dipanen saat sudah berwarna merah.

Pemerintah Kabupaten Empat Lawang bahkan telah mematenkan kopi robusta ini ke Kementerian Hukum dan HAM pada April 2017 lalu. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2012 menyebut produksi kopi perkebunan rakyat Empat Lawang mencapai 28.672 ton per tahun, dengan luas lahan hingga 61.978 hektare.

Pada 2018 ini, kopi robusta Empat Lawang masuk nominasi 16 besar kopi terbaik di Indonesia, lo. Kopi Empat Lawang bersanding dengan 15 kopi lainnya seperti kopi Arabika Gayo, Arabika Simalungun Utara, Robusta Lampung, Arabika Java Preanger, Java Arabika Sindoro-Sumbing, Arabika Ijen Raung, Arabika Kintamani Bali, Kopi Arabika Kalosi Enrekang, Arabika Toraja, Arabika Flores Bajawa, Liberika Tungkal Jambi, Kopi Robusta Semendo asal Sumatera Selatan, Kopi Liberika Rangsang Meranti Riau, Kopi Arabika Sumatera Mandhailing, dan Kopi Robusta Temanggung. Wah, keren nih.

Oh iya, kopi robusta Empat Lawang juga dijual dengan harga yang cukup murah, lo. Untuk kemasan 500 gram bubuk kopi, mereka biasanya menjual dengan kisaran harga Rp 50 ribu. Hm, rasanya unik, harganya murah, tunggu apa lagi Millens (IB07/E04)