Dibudidayakan Secara Organik, Kopi Bajawa Dilirik Pasar Dunia

Dibudidayakan Secara Organik, Kopi Bajawa Dilirik Pasar Dunia
Kopi Bajawa Flores. (Gowest.id)

Dibudidayakan secara organik, kopi bajawa asal flores ini dilirik hingga ke Eropa dan Amerika. Yuk simak ulasan berikut!

Inibaru.id – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sudah banyak jenis kopi Indonesia yang berhasil menembus pasar dunia. Salah satunya adalah kopi Bajawa dari Flores.

Kopi Bajawa merupakan kopi yang berasal dari dataran tinggi di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Dari kopi jenis Arabika itu, masyarakat Ngada menggantungkan hidupnya. Masyarakat Ngada atau sering disebut sebagai orang Bajawa ramai-ramai membudidayakan kopi Bajawa.

Nggak hanya sekadar membudidayakan kopi, mereka juga sangat memperhatikan hasil kopinya. Itulah yang membuat masyarakat Bajawa memilih membudidayakan kopi secara organik. Pupuk yang dipakai adalah pupuk alami tanpa pestisida. Nggak heran bila kopi yang ditanam pada ketinggian 1000 hingga 1550 mdpl itu memiliki rasa yang nikmat, khas, dan unik.

Yap, unik karena kopi Bajawa memiliki cita rasa pahit tapi nggak sepahit kopi lainnya. Rasa kopi Bajawa pun juga lebih ringan. Untuk masalah kualitas, bisa dibilang kopi Bajawa lebih unggul dari kopi Manggarai yang juga berasal dari Flores.

Seperti ditulis Lintaskopi.com, Minggu (20/8/2017), kopi Bajawa umumnya melalui proses sangrai pada tingkat medium yang kuat dengan aroma bunga dan rasa manis yang kuat. Namun, tingkat keasamannya sedang. Kekhasan dan keunikan rasa itu mampu membawa kopi Bajawa semakin populer dan mendunia. Bahkan, kopi ini sudah dilirik para pemilik industri kopi di Eropa dan Amerika Serikat.

Kalau kamu penasaran pengin mencoba kopi ini, nggak perlu jauh-jauh sampai Flores, kok. Kini, kopi Bajawa sudah tersedia di toko-toko daring. Untuk 250 gr bubuk kopi Bajawa biasanya dibanderol sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu, Millens. Gimana nih, tertarik mencoba? Atau jangan-jangan sudah pernah mencoba ya? (IB07/E04)