Kopi Pahit Lebih Bermanfaat bagi Tubuh?

Selain lebih terasa original, kopi pahit juga punya manfaat bagi tubuh, lo. Berikut beberapa manfat kopi pahit bagi kesehatan.

Kopi Pahit Lebih Bermanfaat bagi Tubuh?
Manfaat kopi pahit. (Tmall)

Inibaru.id – Ada banyak cara untuk menikmati kopi. Sebagian orang meminum kopi dengan mencampurkan gula atau creamer. Namun, sebagian yang lain lebih suka menikmati kopi pahit tanpa gula dengan alasan lebih original atau idealisme seorang penikmat kopi.

Nah, kopi pahit itu rupanya punya manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh, lo. Sejumlah manfaat kopi pahit di antaranya mengurangi kerusakan fungsi kognitif pada lansia. Kopi pahit disebut dapat meningkatkan kemampuan saraf motorik dan sensorik, dilansir dari Manfaat.co.id, Jumat (14/9/2018).

Sebagai informasi, penurunan fungsi saraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktivitas orang tua. Dengan meminum kopi pahit, penurunan fungsi saraf pada lansia bisa dikurangi. Selain itu, mengonsumsi kopi hitam secara teratur terbukti mengurangi semua jenis risiko penuaan yang berhubungan dengan saraf.

Mengonsumsi kopi pahit juga bisa mengurangi potensi diabetes, Millens. Fungsi lainnya yakni melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh.

Manfaat berikutnya yaitu meningkatkan produktivitas karena membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Kafein dalam kopi juga bisa mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak.

Selanjutnya, kopi pahit bisa menjaga kesehatan jantung karena mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung tepat normal. Selain itu, kandungan kalium pada kopi juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk perempuan maupun lelaki.

Hm, gimana, masih mau minum kopi pakai gula atau tanpa gula nih? (MG12/E04)