Ini Jumlah Kopi yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari

Ini Jumlah Kopi yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari
Kopi. Meetdoctor.com

Bagi pencinta kopi, minum kopi lebih dari segelas setiap hari adalah hal yang biasa. Namun, apakah hal itu baik untuk kesehatan?

Inibaru.id – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang Indonesia sejak dulu. Setiap hari, paling tidak ada secangkir kopi tersaji di meja. Bahkan, sejumlah orang nggak puas dengan secangkir kopi saja, mereka menenggak lebih dari dua cangkir kopi saban hari. Lantas, apakah hal itu aman bagi kesehatan?

Kopi memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Nggak hanya mengusir kantuk dan meningkatkan konsentrasi, kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes mellitus, kanker hati, dan Alzheimer. Namun, terlalu banyak mengonsumi kopi juga nggak baik, Millens.

Hellosehat.com menulis, sebuah studi terbitan Mayo Clinic Proceeding menunjukkan konsumsi kopi lebih dari 28 cangkir per minggu atau rata-rata empat cangkir per hari adalah porsi yang berlebihan bagi kamu yang berusia kurang dari 55 tahun. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengakibatkan sakit kepala, susah tidur, gugup, sering buang air kecil, perut nggak nyaman, dan detak jantung berpacu cepat. Nggak hanya itu, pria dewasa muda yang mengonsumsi lebih dari 28 cangkir dalam seminggu juga memiliki peningkatan risiko terhadap kematian dari segala penyebab.

Jumlah kafein yang aman dikonsumsi adalah 400 miligram sehari atau setara dengan empat gelas kopi. Mengonsumsi kafein di atas jumlah tersebut sudah dianggap berlebihan dan berbahaya bagi kesehatan.

Bagi kamu yang memiliki penyakit maag atau asam lambung, ukuran pas untukmu yakni 1-2 gelas kopi per harinya. Hal tersebut lantaran kafein dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Oh iya, jika ingin menambah manfaat saat meminum kopi, lebih baik kamu nggak menambahkan pemanis seperti gula atau sirup ke dalam kopi. Penambahan pemanis dalam kopi itu dapat meningkatkan surplus kalori yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sel lemak. Duh, badan bisa tambah lebar nih! 

Jadi, jangan banyak-banyak minum kopi setiap hari ya, Millens. Cukup satu hingga tiga cangkir kopi per hari. (IB18/E04)