Ingin Kopimu Tetap Nikmat Meski Disimpan Lama? Coba Tips Ini!

Ingin Kopimu Tetap Nikmat Meski Disimpan Lama? Coba Tips Ini!
Kopi yang disimpan. (Idntimes.com)

Menyimpan kopi menjadi hal yang lumrah bagi sebagian penikmat kopi. Nah, biar kopimu tetap segar meski disimpan lama, coba deh beberapa tips berikut.

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman yang harus ada setiap hari. Nggak heran bila mereka sampai mempunyai stok kopi bertumpuk di rumah. Namun, terkadang kopi yang sudah disimpan lama itu nggak seenak kopi yang masih segar.

Nah, agar hal itu nggak terjadi pada kopi-kopimu, coba deh coba beberapa tips ini.

1. Simpanlah dalam Bentuk Biji Kopi

Simpan dalam bentuk biji kopi. (Articulo.mercadolibre.com.ar)

Cara menyimpan kopi dalam bentuk biji atau bean terbukti dapat mempertahankan kesegaran, aroma, dan cita rasa kopi. Cara ini lebih dianjurkan daripada menyimpan dalam bentuk bubuk. Ini karena aroma kopi akan cepat hilang bila disimpan dalam bentuk bubuk. Em, kalau begini berarti kamu harus punya penggiling kopi di rumah nih, Millens.

2. Simpan pada Tempat yang Tepat

Tempat penyimpanan kopi harus tepat. (Shopback.co.id)

Kopi harus disimpan pada tempat yang tertutup tapi memungkinkan udara di dalam dapat keluar. Hal ini karena biji kopi yang baru di-roasting akan menghasilkan gas yang harus dikeluarkan secara teratur. Nah, sebaiknya kopi disimpan ke dalam plastik kopi yang memiliki seal udara, alumunium foil bag atau toples kedap udara.

3. Perhatikan Suhu dan Ruangan

Suhu ruangan harus diperhatikan. (Rooang.com)

Kopi yang di-roasting perlu disimpan di tempat yang sejuk dan nggak terpapar sinar matahari supaya kualitas rasanya nggak berubah. Eits, tapi buka di dalam kulkas ya, Millens. Tetap perhatikan suhu supaya nggak terlalu panas tapi juga nggak terlalu dingin.

Selain memperhatikan suhu, kamu juga harus memperhatikan ruangan penyimpanannya. Kopi memiliki sifat menyerap bau yang ada di dekatnya. Jadi, jauhkan barang-barang yang berbau menyengat dari kopi simpananmu.

4. Perhatikan Batas Waktu Penyimpanan Kopi

Perhatikan waktu penyimpanan. (Vemale.com)

Kendati kamu sudah menyimpan kopi dengan cara yang benar, kopimu tetap nggak nikmat bila kamu nggak memperhatikan batas waktu penyimpanannya. Secara umum, batas waktu penyimpanan kopi yakni selama dua bulan. Bisa saja sih kopi disimpan lebih dari dua bulan, tapi siap-siap saja kamu kehilangan rasa nikmat dari kopi yang kamu simpan.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara menyimpan kopi yang benar? Semoga bermanfaat ya. (IB18/E04)