Bukan Indonesia, Ini Negara dengan Peminum Kopi Terbanyak di Dunia

Bukan Indonesia, Ini Negara dengan Peminum Kopi Terbanyak di Dunia
Ilustrasi penikmat kopi. (Independent.co.uk)

Kendati menjadi salah satu negara penghasil kopi terbanyak di dunia, Indonesia bukanlah negara dengan jumlah peminum kopi terbanyak di dunia, lo. Berikut daftar 10 negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia.

Inibaru.id – Kopi merupakan salah satu minuman favorit dengan banyak peminat. Di Indonesia, penikmat kopi nggak hanya berasal dari kalangan orang tua, anak muda pun sekarang sudah gemar minum kopi. Namun, hal itu nggak membuat Indonesia jadi negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia, lo.

Berdasarkan data Organisasi Kopi Internasional, Finlandia adalah negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia dengan jumlah peminum kopi 12 kilogram per kapita setiap tahun. Disusul dengan Norwegia, Islandia, dan Denmark yang secara berturut-turut menempati posisi kedua, ketiga, dan keempat.

Berikut daftar negara dengan jumlah peminum kopi terbanyak dunia, dikutip dari Telegraph.co.uk (1/10/2017).

1. Finlandia, 12 kg per kapita per tahun
2. Norwegia, 9,9 kg per kapita per tahun
3. Islandia, 9 kg per kapita per tahun
4. Denmark, 8,7 kg per kapita per tahun
5. Belanda, 8,4 kg per kapita per tahun
6. Swedia, 8,4 kg per kapita per tahun
7. Swiss, 8,2 kg per kapita per tahun
8. Belgia, 6,8 kg per kapita per tahun
9. Luxemberg, 6,5 kg per kapita per tahun
10. Kanada, 6,5 kg per kapita per tahun

Letak geografis dan iklim negara nyatanya mempengaruhi banyaknya kopi yang diminum warganya. Yap, negara-negara yang masuk 10 besar negara dengan penikmat kopi terbanyak itu adalah negara yang memiliki musim dingin. Untuk menghadapi musim dingin, mereka menghangatkan diri dengan cara menyeduh kopi.

Norwegia, Islandia, Denmark dan Swedia juga menempati posisi 10 besar sebagai negara penikmat kopi terbanyak dunia. Alasan mengapa negara tersebut menjadi negara dengan peminum kopi terbanyak karena mereka perlu minum kopi untuk bertahan menghadapi cuaca yang dingin.

Wah, pantas saja ya sering mengonsumsi kopi. Eh, kalau kamu biasanya minum kopi waktu kapan saja nih, Millens? (IB07/E04)