Goth Latte Ampuh Usir Racun dalam Tubuh

Kopi memang berwarna hitam, tapi yang satu ini punya warna hitam gelap ala dandanan gotik. Penasaran?

Goth Latte Ampuh Usir Racun dalam Tubuh
Goth Latte dan krim putih menghasilkan warna monokrom. (fodors.com)

Inibaru.id – Kopi menjadi minuman paling populer di kalangan anak muda belakangan ini. Minuman hitam ini memang nggak ada habisnya ya, Millens. Pelbagai varian kopi dieksplorasi, inovasi minuman berbahan utama kopi juga tercipta. Salah satu sajian kopi yang begitu terkenal sepanjang 2017 adalah Goth Latte.

Para pengguna Instagram tentu familiar dengan minuman ini. Memiliki tampilan superunik, kopi ini begitu sering diunggah warganet ke media sosial dengan tagar #blacklatte atau #gothlatte. Nama "goth latte" digunakan lantaran kopi yang satu ini benar-benar hitam pekat dengan tampilan"gotik" berwarna hitam dan kelabu.

Eits, jangan salah, justru warna hitam kelabu itulah yang menjadikan goth latte amat menawan. Dengan topping krim berwarna putih, minuman ini jadi tampak berwarna monokrom. Hm, menarik!

Baca juga:
Cara Starbucks Kurangi Kertas untuk Kelestarian Lingkungan
Berkat Anak Muda, Tren Ngopi Akan Terus Eksis

Kopi ini semula dipopulerkan salah satu kedai bernama White Mojo di Melbourne, Australia. Tren kopi ini kemudian mewabah ke negara lain, seperti Inggris dan Jepang. Ini karena varian goth latte membuat penikmat kopi merasakan sensasi yang berbeda.

Penasaran dengan rasanya? Nggak perlu khawatir, sudah banyak kok goth latte di Indonesia, salah satunya di Kabinet Coffe Co. Di kedai kopi yang ada di Surabaya tersebut, goth latte menjadi minuman favorit di sana. Warna hitam gelap pada goth latte dihasilkan activated charcoal atau arang aktif yang dicampurkan dalam kopi.

Ikat Racun

Keberadaan arang hitam dalam goth latte bukannya tanpa manfaat lo, Millens. Seperti ditulis Liputan6.com (8/9/2017) dari Huffington Post, pakar nutrisi Jodie Brandman mengatakan, arang aktif sudah digunakan selama lebih dari 10 ribu tahun untuk pengobatan beragam penyakit di daerah berbagai wilayah.

Arang aktif diketahui sangat baik untuk kesehatan usus. Ia menyerap racun dan mencegah zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Baca juga:
Menyesap Kopi Liberika di Wisata Kampung Kopi Kotawaringin
Kopi dan Kuning Telur dalam Secangkir Kopi Talua

“Arang aktif bisa mengikat semua racun sehingga akan mudah dan aman diekskresi tubuh,” Kata Brandman.

Kendati demikian, kopi ini tidak boleh dikonsumsi setiap hari, terutama bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat dari dokter. Ahli gastroenterologi Patricia Raymond mengatakan, arang hitam nggak hanya menyerap racun, tetapi juga bisa menyerap nutrisi dan vitamin dari obat-obatan tersebut.

Apapun yang berlebihan memang nggak bakal baik buat tubuh kita. Alih-alih pengin eksis, bisa-bisa kita malah kena malnutrisi. (MEI/GIL)