Maksimalkan Rasa Kopi dengan Menjaga Kualitas Biji Kopi

Untuk menghasilkan kopi berkualitas, kita nggak bisa sembarangan memilih biji kopi, karena hasilnya pasti akan berbeda. Mau tahu caranya? Yuk, simak tips dan trik pemilik kedai kopi terkenal di Semarang ini!

Maksimalkan Rasa Kopi dengan Menjaga Kualitas Biji Kopi
Kopi-kopi Indonesia di dapur Tekodeko. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kopi dengan rasa yang begitu variatif. Hampir tiap daerah punya biji kopi khas. Ini pula yang jadi kekuatan kedai-kedai kopi di Tanah Air. Mereka menamainya Kopi Nusantara. Namun begitu, acap kali proses "penanganan" yang salah justru merusak kualitas biji kopi itu.

Biji kopi yang diproses dengan salah tentu akan mengurangi kenikmatan kopi yang kita minum. Nah, buat kamu yang suka mengoleksi kopi nusantara tapi bingung gimana memaksimalkan kualitas biji kopi tersebut, tips dan trik dari pemilik kedai kopi Tekodeko Koffiehuis Semarang Ronny Jonathan ini mungkin bakal berguna. Yuk, cekidot!

Baca juga:
Mengenal Ragam Budaya Semarang dalam Kopi Akulturasi Tekodeko Koffiehuis
Menjajal Paduan Kopi dengan Karamel di Golden Brown Cafe

Pertama, kamu harus memilih kopi yang freshly roasted. Kualitas biji kopi sangat ditentukan oleh berapa lama kopi itu disimpan pasca-roasting. Idealnya, roasted bean nggak lebih dari dari satu bulan. Kesegaran kopi bisa kamu kenali dengan mencium aromanya. Jika sudah berbau apak, mending jangan dikonsumsi deh.

Tips memilih kopi berkualitas. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Kedua, lebih baik kamu membeli kopi dalam bentuk biji, bukan bubuk. Cara ini akan lebih memudahkanmu untuk tahu kapan produk tersebut disangrai. Jadi, kamu tahu kapan batas kadaluarsa kopi tersebut. Lebih dari itu, kelemahan kopi bubuk adalah aromanya yang mudah menguap.

“Ya, kesegaran kopi penting. Memilih biji kopi lebih fresh, sedangkan bentuk bubuk memang rata-rata sudah menguap. Ini bikin kopi jadi nggak segar lagi,” ungkapnya.

Ronny menambahkan, kalaupun kamu tetap pengin membeli kopi jenis bubuk, sebaiknya kamu tahu cara menyimpannya. Kopi bubuk harus ditempatkan di wadah yang tertutup rapat, misal di dalam toples atau jar. Namun, itu juga nggak menjamin kualitas produk. Jadi, mending beli dalam bentuk biji saja, karena lebih aman.

Kopi yang disajikan di Tekodeko. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Terakhir, setelah memilih biji kopi yang fresh, kamu juga perlu memeperhatikan aromanya ya. Jadi, sebelum membeli biji kopi, cium dulu aromanya. Kopi yang baik memiliki aroma yang segar dan kuat, harum dan nggak berbau apak. 

Menyeruput kopi di sore hari. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Baca juga: 
Kopi yang (Ternyata) Sehat untuk Jantung
Mencecap Kopi Excelsa dari Afrika

Nah, bisa mulai kita terapkan tips dan trik itu. Agak ribet sih, tapi yakin deh, proses nggak pernah mengkhianati hasil. Kalau biji kopi yang kamu beli diperlakukan dengan baik, hasil kopinya juga besar kemungkinan akan berkualitas. Hidup juga begitu, bukan, Millens? Yuk ah, seruput kopimu! Sluurp! (Hayyina Hilal/E03)