Dari Purworejo, Kopi Rempah Menghangatkan Badan

Pernah mencicipi kopi dengan campuran rempah? Di Purworejo, kamu bisa menemukan kopi unik ini. Selain jahe, kopi itu juga menggunakan campuran lain seperti bawang merah. Seperti apa rasanya?

Dari Purworejo, Kopi Rempah Menghangatkan Badan
Kopi La Rempah dari Purworejo. (Travelingyuk)

Inibaru.id – Jika Kabupaten Pekalongan punya kopi tahlil untuk memanjakan penggemar kopi, Kabupaten Purworejo pun punya kopi khas yang nggak kalah nikmat, yakni kopi rempah. Sesuai dengan namanya, kopi ini memang diracik menggunakan rempah-rempah supaya membuat badan lebih hangat.

Adalah pasangan istri-suami bernama Siti Mahrujiah dan Abdul Ghofur yang mengkreasikan kopi rempah ini. Dengan penambahan bawang merah, jahe, dan beberapa bumbu rahasia, kopi rempah dengan biji robusta ini dibuat.

Dalam proses penyangraiannya, Siti dan Abdul biasanya menggunakan tungku dengan api dari kayu bakar. Rempah-rempah yang menjadi bumbunya turut pula disangrai bersama kopi.

https://s3.bukalapak.com/img/8220347153/w-1000/IMG_20181010_223554_scaled.jpg

Kamu harus coba kopi dengan racikan istimewa ini. (Bukalapak)

Jika sudah matang, biji kopi juga nggak serta-merta dihaluskan menggunakan mesin, lo. Warga Dusun Singojoyo, Desa Brunorejo, Kecamatan Bruno, masih menggunakan alat tradisional berupa alu dan lumpang.

Ketika sudah halus, bubuk kopi kembali diayak supaya bisa dipisahkan dengan serbuk kasar rempah-rempah. Barulah setelah itu kopi rempah siap dipasarkan. Kalau pengin membelinya secara daring juga bisa, lo!

Penasaran seperti apa rasanya? Hm, kamu harus cobain sendiri ya. Selain menghangatkan badan, kopi ini juga bisa menghangatkan hatimu yang sendu, lo. Ha-ha. (IB15/E03)