Menikmati Bulletproof Coffe, Kopi Campur Mentega nan Unik

Bulletproof Coffee belakangan menjadi perbincanagn banyak orang lanataran komposisi yang unik dan khasiat yang menarik. Seperti apa?

Menikmati Bulletproof Coffe, Kopi Campur Mentega nan Unik
Kopi dengan campuran mentega. (Ottencoffee.co.id)

Inibaru.id – Sudah jamak dilakukan orang untuk menikmati kopi dengan paduan susu dan gula dalam latte, macchiato, cappuccino, atau mochaccino jika plus varian cokelat. Minuman-minuman itu begitu familiar dalam dunia perkopian. Namun, bagaimana jika kopi dipadukan dengan mentega, pernah coba, Millens?

Namanya Bulletproof Coffee. Seperti ditulis Viva.co.id, nggak semata nikmat, kopi yang umumnya diminum hangat-hangat ini juga menyehatkan. Terus, buat kamu yang lagi diet, kopi "anti-peluru" itu juga konon bisa mengecilkan lingkar pinggang lo.

Bulletproof Coffee diciptakan pebisnis cum penulis AS, Dave Asprey. Pria yang dikenal lewat bukunya yang berjudul Bulletproof Diet itu mengaku mendapat inspirasi dari masyarakat Tibet yang hobi mencampurkan mentega pada banyak jenis minuman, termasuk kopi.

Baca juga:
Goth Latte Ampuh Usir Racun dalam Tubuh
Cara Starbucks Kurangi Kertas untuk Kelestarian Lingkungan

Kopi buatan Asprey diklaimnya bisa menambah energi dan membuat penikmatnya lebih fokus. Mentega yang dicampurkan dalam kopi juga bisa memberi efek rasa kenyang karena kalori yang ada padanya. Nggak heran kopi ini bisa menurunkan berat badan, terutama jika diminum pada pagi hari sebagai pengganti sarapan.

Memiliki kadar kalori, apakah lantas kopi ini baik untuk tubuh? Ya, jika mentega yang digunakan adalah jenis mentega tawar yang berasal dari hewan pemakan rumput, sehingga memiliki omega 3, omega 6, dan vitamin K yang baik untuk tubuh.

Kendati demikian, nggak semua orang menyetujui khasiat kopi ini. Pakar diet dan nutrisi dari University of Pittsburgh School of Medicine, AS, Madelyn Fernstrom, mengatakan, minuman yang mengandung 100-200 kalori per cangkir justru bisa menambah berat badan. Dia berpendapat, energi lebih yang didapat dari minuman itu hanyalah efek semu atau plasebo.

Baca juga:
Berkat Anak Muda, Tren Ngopi Akan Terus Eksis
Menyesap Kopi Liberika di Wisata Kampung Kopi Kotawaringin

Terlepas dari benar atau tidaknya khasiat kopi ini, nggak ada salahnya sesekali mencoba mencicipi kopi ini. Cara membuatnya juga tergolong nggak terlalu sulit. Kamu tinggal siapkan kopi, dua sendok mentega tawar dari susu sapi (grass fed butter), dan 1-2 sendok makan minyak kelapa jenis MCT (medium chin triglycerides), lalu mencampur ketiganya. 

Mudah sekali, bukan? Cobalah bulletproof coffee pada pagi hari sebagai pengganti sarapan dan buktikan khasiatnya! (MEI/GIL)