Buih Kopi Sebaiknya Dibuang atau Tetap Diminum?

Buih Kopi Sebaiknya Dibuang atau Tetap Diminum?
Krema, buih kopi yang dianggap bisa membuat kenikmatan kopi berkurang (http://wallpaper-coffee.blogspot.com)

Krema atau buih kopi dianggap bisa mengubah sensasi rasa dari beberapa jenis kopi.

Inibaru.id – Meskipun dikenal luas memiliki rasa yang nikmat, kopi juga memiliki beberapa bagian yang dianggap tidak diperlukan, yakni ampas dan krema, buih yang muncul saat kita menyeduh kopi. Jika ampas dianggap tidak dibutuhkan karena memiliki rasa yang pahit dan pekat, krema dianggap membuat rasa kopi menjadi kurang nikmat. Sebenarnya, apakah krema memang sebaiknya dibuang saja dari kopi?

Tribunjateng.com, Senin (30/7/2018) menulis, trainer senior dari Indonesian Coffee Academy (ICA) Mimi Alawiyah menyebut krema sebagai bagian kopi yang sangat istimewa.

Krema adalah cairan dengan warna kuning tua dengan bentuk seperti buih yang mengambang di atas cangkir kopi. Krema terbentuk saat kita pertama kali mengekstrak atau menyeduhnya. Biasanya, krema akan muncul saat kita menyajikan kopi dengan teknik brew cupping atau yang lebih akrab disebut sebagai tubruk.

Salah satu penyebab dari munculnya krema adalah air panas yang mengekstrak kopi menyebabkan tekanan tinggi pada kopi sehingga terjadi proses pelepasan kandungan lemak atau minyak di dalamnya. Endapan minyak nabati ini kemudian membentuk gelembung udara berukuran kecil yang terlihat seperti buih.

“Krema itu sebenarnya ampas kopi yang mengambang dan berminyak. Krema sebaiknya dibersihkan jika kita ingin menikmati aroma dan rasa beberapa jenis kopi dengan maksimal. Jika tidak, krema akan menempel pada mulut dan tenggorokan sehingga membuat rasa asli dari kopi yang kita minum tidak bisa benar-benar kita nikmati,” ungkap Mimi.

Hanya saja, krema juga memiliki kelebihan tersendiri, khususnya pada kopi berjenis espresso. Krema memiliki rasa yang paling manis dari kopi sehingga kita pun masih membutuhkannya jika ingin menikmati kopi tanpa gula. Di dalam kopi espresso, sensasi menikmati krema ini sangatlah nikmat dan dikenal sebagai “Guinness effect”.

Kalau Millens lebih suka kopi yang masih memiliki krema atau yang sudah dibersihkan? (IB09/E05).