Nggak Asal Minum, Begini Etika Minum Kopi di Dunia

Nggak sembarang minum, masyarakat di sejumlah negara ini punya etika tersendiri saat menikmati kopi. Kendati ngagk tertulis, mereka masih melakukannya.

Nggak Asal Minum, Begini Etika Minum Kopi di Dunia
Ilustrasi meminum kopi di Perancis dengan dua tangan. (Feminis.ro)

Inibaru.id - Pernah dengar soal etika minum kopi? Yap, minum kopi pun ada etikanya, lo. Etika atau aturan seperti ini berlaku khususnya saat ada acara formal.

Kendati nggak tertulis, etika dalam menikmati kopi ini diakui dan diikuti sejumlah penikmat kopi di seluruh dunia. Beberapa di antara aturan itu dibuat agar peminum kopi bisa menghargai peminum kopi lain dan terkesan lebih sopan untuk dilakukan terutama di acara formal seperti dilansir dari ottencoffee.co.id (13/8/2015).

Salah satu etika minum kopi yang diakui dunia dalam acara formal adalah nggak memegang cangkir dengan melentikkan jari kelingking. Tindakan seperti itu bakal dianggap sombong seperti yang berlaku pada masa Victorian Era.

Etika lainnya adalah nggak mendinginkan kopi dengan memasukan es batu. Cara ini dianggap nggak banget, lo! Selain itu, nggak mencelupkan roti atau makanan apa saja ke dalam cangkir kopi juga dianggap sebagai etika yang wajib untuk dilakukan. Etika terakhir yang perlu kamu tahu yakni nggak meninggalkan sendok di cangkir kopi.

Etika di Tiap Negara

Selain etika minum kopi yang diamini penikmat kopi seluruh dunia, ada pula etika yang berlaku di suatu negara. Salah satu contohnya, masyarakat Indonesia umumnya menikmati kopi di pagi dan malam hari. Oh iya, di Indonesia, menikmati kopi biasa dilakukan dalam jangka waktu yang lumayan lama karena kopi biasanya disajikan bersama gorengan.

Sementara itu, masyarakat Italia umumnya menyajikan kopi dengan tambahan air putih. Satu hal lagi, orang Italia hanya boleh memesan kopi jika sudah makan. Namun, ada pengecualian juga, lo! Pada pagi hari, bahkan ketika belum sarapan, kamu diperbolehkan memesan kopi jenis cappucino. Eits, jangan lupa juga, kalau memesan kopi espresso, kamu harus meminumnya dengan cepat.

Berbeda dengan Italia, Perancis mempunyai aturan tersendiri dalam menikmati kopi. Pada pagi hari, warga Perancis meminum café au lait dengan cangkir besar agar dapat mencelupkan croissant. Perlu kamu tahu juga, di Prancis, memegang gelas kopi juga biasanya dilakukan menggunakan dua tangan. Warga Perancis juga menganggap tabu minuman berasa kopi, lo. Oh iya, kamu juga nggak boleh memesan kopi dengan whipped cream di negara tempat Menara Eiffel berdiri itu.

Di negara yang diklaim kali pertama kopi ditemukan yaitu Ethiopia juga punya aturan khusus, lo. Di sana, kopi dianggap sebagai minuman kebangsaan. Jadi, meminum kopi dilakukan dengan waktu yang lama bahkan sampai sejam lebih. Peminum kopi di negara berjuluk The Mother Land itu juga umumnya menghirup aroma kopi terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Well, ternyata etika meminum kopi sangat beragam, ya, Millens! (MG12/E04)