Tembus Pasar Internasional, Begini Keistimewaan Kopi Arabika Kalosi Enrekang

Tembus Pasar Internasional, Begini Keistimewaan Kopi Arabika Kalosi Enrekang
Kopi Arabika Kalosi yang istimewa. (Arratrrapost.com)

Kopi Arabika Kalosi Enrekang adalah salah satu kopi Indonesia yang menembus pasar internasional. Ini karena kenikmatan rasanya yang jempolan. Berikut ulasannya.

Inibaru.id  - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kopi enak. Nah, salah satu kopi Indonesia yang laku keras di pasar internasional adalah kopi arabika Kalosi Enrekang. Kopi ini sudah sangat terkenal kenikmatannya di beberapa negara seperti Jerman, Amerika Serikat, dan Jepang seperti ditulis Lintaskopi.com, (13/5/2017).

Kopi tersebut merupakan jenis kopi yang langka, lo. Itu karena tumbuhan kopi jenis arabika hanya dapat dijumpai pada dua negara yaitu Indonesia dan Brazil. Di Indonesia, kopi arabika jenis ini dapat ditemukan di Provinsi Sulawesi, lebih tepatnya di Kelurahan Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang.

Kopi arabika Kalosi Enrekang yang terkanal kenikmatannya hingga kancah internasional. (Lintaskopi.com)

Ketenaran kopi arabika Kalosi Enrekang bermula saat kopi tersebut dipamerkan pada pameran ECO Product yang digelar salah satu perusahaan Jepang, 2008 silam. Nggak disangka, pengunjung sangat antusias bahkan rela antre untuk dapat menikmati secangkir kopi Kalosi Enrekang.

Pada tahun yang sama, kopi arabika kalosi Enrekang pun ditetapkan sebagai kopi terbaik jenis arabika. Bahkan, kopi tersebut kembali mengalahkan 34 jenis kopi yang diikutsertakan dalam Indonesian Coffee Festival pada 2014 di Bali.

Keistimewaan Kopi

Bila dilihat dari segi rasa, kopi arabika memiliki aroma khas rempah-rempah seperti adanya kayu manis yang dipadu dengan rasa jahe. Pantas jika kopi arabika kalosi Enrekang terasa istimewa. Selain adanya unsur rempah rempah, kopi arabika kalosi juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga ketika diminum tidak begitu terasa pahit.

Kopi arabika Kalosi Enrekang juga bertekstur lebih halus dari kopi lainnya. Hal itu membuat bubuk kopi langsung mengendap di dasar cangkir ketika diseduh. Lebih unik lagi jika kopi tersebut dinikmati tanpa gula karena kamu bakal merasakan gurih, nggak pahit. Rasa yang jarang ditemukan pada kopi lainnya, kan?

Nggak hanya itu, kopi arabika Kalosi Enrekang itu memiliki banyak manfaat, antara lain untuk memperlancar peredaran darah, mampu mengurangi rasa nyeri setelah berolah raga, mencegah kanker mulut, dan melindungi gigi. Itu karena kopi ini mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan mulut.

Jangan khawatir, harga kopi ini masih terjangkau, kok. Kopi arabika Kalosi Enrekang rata-rata dibanderol dengan harga Rp 200 hingga Rp 300 ribu per kilogramnya. Jadi, jangan lupa borong kopi Kalosi ya kalau kamu sedang berkelana ke Enrekang. (IB11/E04)