Aroma Kopi Diklaim Bisa Tingkatkan Kinerja Otak

Aroma Kopi Diklaim Bisa Tingkatkan Kinerja Otak
Ilustrasi kopi. (Bangkitmedia.com)

Selain membuat mata melek, ada manfaat lain yang nggak terduga dari kopi, lo. Wah manfaat apa tuh?

Inibaru.id – Selama ini, minum kopi dipercaya sebagai cara untuk menghalau rasa kantuk. Nggak hanya minumannya saja yang berkhasiat, Millens. Aroma kopi pun diklaim bisa membuat kerja otak lebih baik, lo.

Sebuah studi mengungkapkan, aroma seduhan kopi bisa mempertajam performa dan produktivitas otak. Peneliti dari Stevens School of Business, New Jersey melakukan eksperimen untuk membuktikan manfaat menghirup aroma kopi. Mereka melakukan penelitian pada 114 siswa. Kesemua siswa itu dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok akan terpapar aroma kopi, sedangkan yang lainnya tidak.

Kemudian mereka diminta mengerjakan ujian adaptasi komputer yang mengukur kemampuan pada berbagai bidang atau biasa disebut Graduate Management Admission Test (GMAT). Hasil ujian tersebut ternyata sesuai dengan hipotesis yakni anak-anak yang menghirup aroma kopi memiliki performa yang lebih baik dari yang lainnya.

"Aroma kopi tak hanya membantu orang memberikan performa lebih baik pada tes analitik, tetapi juga mereka akan mengerjakan tes lebih baik, dan kami menyatakan harapan ini paling tidak, jadi tanggung jawab peningkatan performa kerja mereka," kata ketua tim peneliti Adriana Madzharov seperti ditulis Cnnindonesia.com, Kamis (26/7/2018).

Para peneliti menambahkan, hasil ini berlaku untuk semua jenis kopi baik yang berkafein maupun yang nonkafein. Mereka menduga peningkatan performa otak ini terjadi seperti efek plasebo yakni sebuah kondisi saat seorang yang menderita penyakit kemudian sembuh lantaran mengonsumsi plasebo (obat kosong) yang biasanya hanya berisi serbuk laktosa.

Kendati hasil penelitian ini menunjukkan sisi positif dari menghirup aroma kopi, tapi skala penelitian masih terlalu sempit untuk diambil kesimpulan secara umum. Tim peneliti berencana untuk melakukan studi lanjutan untuk mempelajari efek lain dari mencium aroma kopi.

Satu hal yang pasti, aroma merupakan salah satu hal yang dapat memengaruhi pikiran manusia, Millens. Jadi, bisa saja aroma kopi memberikan efek serupa pada para penikmatnya. (IB13/E04)