Wajib Tahu! Ini Dia Motif Batik Paling Populer di Indonesia

Tak hanya indah, setiap motif batik memiliki cerita dan maknanya tersendiri.

Wajib Tahu! Ini Dia Motif Batik Paling Populer di Indonesia
Berbagai jenis kain batik. (Foto: rawasari.com)

Inibaru.id – Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang paling berharga, batik kini semakin mendunia. Hal ini dibuktikan dengan pengakuan UNESCO pada motif pakaian yang sangat indah ini. Demi semakin melestarikan batik, pemerintah pun menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tak hanya memakainya di berbagai kesempatan, ada baiknya kita mengenal motif batik yang paling populer di Indonesia seperti sebagai berikut.

Baca juga: 5 Fakta Batik yang Harus Kamu Ketahui

Baca juga: Ketika Batik Nusantara Hebohkan Warga Roma

Batik Pekalongan

Salah satu motif batik paling terkenal di Indonesia ini memiliki pola seperti tanaman dan hewan dengan warna yang cenderung cerah.

motif batik pekalongan (foto: cepamagz)

Batik Solo

Batik khas Solo dikenal luas dengan ciri khas warna cokelat (sogan) yang didapatkan dari bahan pewarna alami. Motif Batik Solo yang khas adalah yang membentuk gelombang sungai Bengawan Solo.

motif batik solo (foto: batik gendis)

Batik Jepara

Tak hanya dikenal sebagai Kota Ukir, Jepara ternyata juga memiliki motif khas batik tersendiri yang berbentuk flora dan fauna.

motif batik jepara (foto: jeparabatiknabila blogspot.com)

Batik Keraton

Pada zaman dahulu, motif batik Keraton hanya boleh digunakan oleh Sultan dan keluarganya. Namun, kini semua lapisan masyarakat boleh mengenakan salah satu motif batik tradisional yang sangat indah ini.

motif batik keraton (foto: satu jam)

Batik Sekar Jagad

Batik yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki pola seperti sekumpulan pulau yang dalam Bahasa Jawa disebut sebagai sekar jagad atau yang berarti peta dunia.

motif batik sekar jagad (foto pinterest)

Mega Mendung

Motif Mega Mendung berasal dari Cirebon. Ciri khas dari motif batik ini adalah polanya yang mirip dengan bentuk awan dengan warna seperti biru, merah, dan hijau.

motif batik mega mendung (foto: wadezig)

Batik Tasik

Selain batik Mega Mendung, motif batik khas Tanah Sunda lainnya adalah Batik Tasik. Biasanya, motif Batik Tasik memiliki bentuk yang berkaitan dengan alam seperti rerumputan dan berbagai fauna.

Motif Batik Tasik (Foto: anepaoji.blogspot.com)

Batik Kawung

Salah satu motif batik paling tua di Indonesia ini memiliki pola seperti buah aren. Motif batik ini dahulu hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan saja.

motif batik kawung (foto: fimela)

Batik Sidomukti

Batik sidomukti khas Magetan ini memiliki motif dasar gambar bambu. Biasanya, motif batik ini dipakai untuk acara-acara yang bersifat resmi.

motif batik sidomukti (foto: bagaskara FM)

Batik Malang

Batik khas Malang memiliki kombinasi tiga warna yang cerah. Motif yang dipakai pada batik khas Malang juga sangat unik karena menggambarkan simbol-simbol dari salah satu kota paling indah di Jawa Timur ini.

motif batik malang (foto: Batik Malang)

Dengan mengenal berbagai motif batik dan asal-usulnya, maka kita pun akan semakin menghargai budaya Indonesia yang memang sangat indah dan kaya. Jadi, motif batik apa yang menjadi favorit anda? (AW/SA)