Mengejutkan, di Indonesia Masih Ada Suku Gaib yang Terkadang Muncul

Tak hanya memiliki ratusan pulau, Indonesia juga terdiri dari ratusan suku bangsa yang bisa ditemui dari Sabang hingga Merauke.

Mengejutkan, di Indonesia Masih Ada Suku Gaib yang Terkadang Muncul
Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa (Foto: mytimes.org)

inibaru.id - Tak hanya memiliki ratusan pulau, Indonesia juga terdiri dari ratusan suku bangsa yang bisa ditemui dari Sabang hingga Merauke. Ada suku-suku yang sudah mengikuti perkembangan jaman sehingga hampir tidak bisa lagi dibedakan. Namun, ada pula sebagian suku yang memilih untuk teguh melanjutkan budaya kearifan lokal yang membuat mereka tidak mengikuti perkembangan teknologi.

Nah, yang tidak disangka adalah, ada beberapa suku yang dianggap gaib, terkadang bisa tiba-tiba muncul. Namun suku tersebut kerap dianggap sebagai mitos saja. Mitos-mitos gaib ini masih menjadi misteri yang muncul dalam cerita-cerita rakyat. Apa sajakah suku-suku tersebut?

Orang Bunian

Suku pertama yang dianggap ghaib adalah orang Bunian yang konon bisa ditemui di perbukitan, hutan-hutan, atau bahkan kuburan di Sumatera Barat. Masyarakat lokal percaya jika orang Bunian bahkan bisa tinggal di rumah-rumah kosong. Kemunculan Orang Bunian ini diyakini disertai dengan tanda-tanda seperti adanya aroma kentang yang baru saja digoreng menjelang senja.

Orang Bunian sendiri kerap dianggap memiliki wujud seperti manusia biasa namun bisa menyesatkan orang-orang yang sedang menjelajahi alam liar. Bahkan, ada mitos yang menyebutkan bahwa mereka yang masuk ke dalam dunia orang Bunian akan sangat sulit kembali ke dunia nyata, apalagi jika sampai mengkonsumsi masakannya. Setiap kali ada kasus orang hilang di hutan-hutan Sumatera Barat, masyarakat biasanya akan mengaitkannya dengan orang Bunian ini.

Suku Bati

Pulau Seram yang ada di Maluku juga memiliki suku misterius yang disebut Suku Bati. Masyarakat setempat menganggap Suku Bati kerap menculik anak-anak untuk dijadikan makanan. Yang mengerikan adalah, wujud Suku Bati ini mirip dengan kelelawar raksasa dengan tinggi 1,6 meter dan sayap lebar berwarna hitam.

Suku Bati pernah menjadi perbincangan banyak orang di seluruh dunia gara-gara Karl Shunker pernah menulis suku ini pada sebuah artikel.

Orang Limun

Masyarakat Kalimantan Barat percaya bahwa ada sekelompok masyarakat gaib yang tinggal di Lokasi Padang 12, sebuah lahan kosong yang ditumbuhi pohon pinus. Di lokasi ini, diyakini ada orang Limun yang taat beribadah dan dianggap sebagai orang suci. Jika ada masyarakat yang melintas, orang Limun ini bisa saja memberikan kunyit emas.

Ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa orang Limun bisa berpura-pura menjadi seorang nenek tua atau menjadi orang lain yang membutuhkan bantuan atau diantar ke Padang 12. Orang yang mau membantunya mengantarnya biasanya kaget karena penumpangnya tiba-tiba saja menghilang namun akan mendapatkan rezeki yang luar biasa melimpah.

Suku Paloh

Tak hanya Orang Limun, masyarakat Kalimantan Barat, tepatnya yang dekat dengan perbatasan Malaysia mempercayai keberadaan Suku Paloh. Konon, suku gaib ini cenderung beraktifitas di malam hari. Bahkan, suku ini disebut-sebut memiliki peradaban yang sangat maju. Pada tahun 1970an lalu, ada pesawat yang melewati wilayah Paloh dan menghilang. Masyarakat setempat yakin jika pesawat tersebut telah memasuki dunia Suku ghaib ini dan tidak akan bisa ditemukan kembali.

Suku Mante

Beberapa waktu lalu kita sempat menemukan video yang cukup menghebohkan dari wilayah Aceh. Dalam video yang diambil dari komunitas motor trail itu, terlihat ada sesosok orang bertubuh mungil dan berlari sangat cepat di jalan setapak sebelum akhirnya masuk ke dalam semak belukar.

Masyarakat setempat yakin jika sosok dalam video tersebut adalah orang Suku Mante, salah satu suku paling misterius di Aceh yang dikenal sangat pemalu. Suku Mante inilah yang disebut-sebut sebagai masyarakat asli Aceh sebelum didatangi oleh para pendatang. (AS/IB)