Ini 6 Budaya Asli Indonesia, Jangan Sampai Diklaim Negara Lain

Tak ingin budaya kita diklaim Negara lain kan? Yuk, kenali budaya kita!

Ini 6 Budaya Asli Indonesia, Jangan Sampai Diklaim Negara Lain
Tari Mandau. (Foto: google.co.id)

Inibaru.id – Belakangan ini, Indonesia sering dibuat geger dengan kasus klaim sepihak hak milik kebudayaan. Bagaimana tidak geram, jika warisan budaya yang jelas-jelas milik Indonesia, tiba-tiba diakui oleh negara tetangga. Sebagai contoh, Reog Ponorogo, lagu Rasa Sayange, hingga pertunjukan wayang di klaim negara Malaysia sebagai kebudayaan dan lagu miliknya beberapa waktu waktu terakhir. Bahkan, kala itu Malaysia menyebutkan bahwa Reog merupakan tradisi yang dikembangkan oleh nenek moyang mereka. Menyebalkan bukan?

Agar kasus ini tidak terulang kembali, ada baiknya kita mengenali budaya kita dengan lebih baik sehingga tetap lestari dan tidak mudah diklaim oleh negara lain. Berikut adalah beberapa budaya yang tidak banyak kita tahu dan patut untuk kita lestarikan.

 

Pasola

Ritual khas yang berasal dari tanah Sumba ini dilakukan dengan cara melempar pasola, semacam lembing dari bahan kayu. Ritual ini dilakukan dalam rangka menyambut musim panen. Ritual ini diawali dengan cara mencari cacing yang ada di pantai. Jika cacing yang ditemukan memiliki ukuran yang besar dengan warna yang beraneka ragam, maka panen yang akan datang diyakini akan melimpah. Namun, jika cacing sulit ditemukan atau yang ditemukan hanya sedikit, maka panen diyakini akan kurang baik. Setelah mencari cacing, barulah acara lempar lembing kayu ini dimulai.

Kain Lurik

Kain lurik ternyata asli dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meskipun memiliki ciri khasnya tersendiri dan kerap dipakai di berbagai acara budaya, dalam realitanya, kain ini hampir punah karena semakin jarangnya orang yang memproduksi kain ini. Bahkan, konon pengrajin kain lurik yang tersisa adalah yang berusia senja. Kita sebagai generasi muda tentu harus mempertahankan kain ini agar tidak sampai punah.

Tari Mandau

Tarian khas Pulau Kalimantan ini memiliki keindahan yang luar biasa. Tarian ini juga cukup unik mengingat aksesoris yang dipakai saat menari bukan sembarangan. Adalah berupa Mandau yang merupakan pisau asli Kalimantan. Gerakan tarian ini juga sangat menakjubkan, karena penari harus beratraksi dengan mengayunkan atau menggigit pisau tersebut.

Tari Topeng Tua

Tari Topeng tua berasal dari Bali. Tari ini bercerita tentang seorang pria tua yang sedang mengenang kembali masa jayanya saat muda. Gerakan tari ini sangat unik karena sangat menggambarkan lemahnya tubuh pria yang renta.

Wayang Potehi

Berbeda dengan Wayang Golek atau Wayang Kulit, Wayang Potehi cenderung tidak banyak dikenal. Padahal, wayang yang banyak terinspirasi dari budaya Tiongkok ini disebut-sebut sudah ada sejak 3000 tahun lalu. Wayang ini juga memiliki bahan cerita yang sangat berbeda dari wayang-wayang biasanya.

Gamelan

Salah satu budaya paling dikenal dari Indonesia ini memang masih bisa kita temui di berbagai tempat. Bahkan, banyak sekolah atau universitas yang membuka ekstrakurikuler alat musik tradisional yang memiliki suara dan alunan musik yang menenangkan pikiran ini.

Memang, masih ada banyak sekali budaya khas tanah air yang sebaiknya kita jaga dan lestarikan. Namun, beberapa budaya ini setidaknya bisa kita kenal lebih baik agar bisa tetap eksis dan tidak mudah diklaim negara lain. (AW/IB)