Buka Peringatan Pers Sedunia, Wapres Ingin Pers Tetap Kritis

Buka Peringatan Pers Sedunia, Wapres Ingin Pers Tetap Kritis
World Press Freedom Day (Foto: merahputih.com )

Inibaru.id - Untuk memperingati prinsip dasar kemerdekaan pers demi serangan atas independensi jurnalis, tiap 3 Mei diperingati World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Sedunia. Pada peringatan kali ini Indonesia didapuk menjadi tuan rumah rangkaian acara peringatan Hari Pers Sedunia, 1-4 Mei 2017.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kala.

“Selamat kepada kita semua atas acara ini dan terimakasih karena mempercayai Indonesia sebagai tempat untuk memperingati Hari Pers Sedunia yang berarti  mengukuhkan negara kita akan pentingnya menjaga kebebasan pers yang baik untuk kebaikan bangsa,” ujar JK, seperti yang dikutip Antara.

Dalam sambutannya, Wapres JK menggarisbawahi pentingnya menjaga kekebasan pers yang bertanggung jawab. Tanggung jawab tersebut bukan lagi hanya menyoal pada cencorship, melainkan pada kredibilitas internal media dan masyarakat.

Selain itu Wapres juga menyoroti pentingnya media sebagai pilar ketiga demokrasi yang selalu memberikan kritik dan bersikap kritis kepada pemerintah.

“Negara tanpa pandangan kritis tidak dapat menjalankan misi untuk mensejahterakan rakyat dan menjalankan negara yang baik dan adil,” imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto juga tampak hadir dalam pembukaan acara peringatan Hari Pers Sedunia yang digelar di Balai Sidang Jakarta (JCC) Rabu (3/5) tersebut. Selain Wiranto, hadir dua Menteri lain yaitu Menteri Telekomunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (NA)