Wow! Gurun Pasir Cantik Ini Ternyata Ada di Indonesia

Apa yang kali pertama terlintas di pikiran Anda ketika mendengar negara timur tengah? Mungkin gurun pasir adalah jawabannya. Daratan yang dipenuhi dengan gundukan-gundukan pasir ini memang sangat lekat dengan negara-negara di timur tengah. Namun sekarang Anda tak perlu jauh-jauh ke timur tengah hanya untuk berfoto selfi di gurun pasir.

Wow! Gurun Pasir Cantik Ini Ternyata Ada di Indonesia
1k
View
Komentar

Inibaru.id - Apa yang kali pertama terlintas di pikiran Anda ketika mendengar negara timur tengah? Mungkin gurun pasir adalah jawabannya. Daratan yang dipenuhi dengan gundukan-gundukan pasir ini memang sangat lekat dengan negara-negara di timur tengah. Namun sekarang Anda tak perlu jauh-jauh ke timur tengah hanya untuk berfoto selfi di gurun pasir.

Di salah satu daerah di Indonesia, Desa Busung, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Tepatnya, tempat wisata ini berada di Jalan Tanjung Pinang – Bintan tepat disisi kiri jalan tersebut. Untuk berkunjung ke bukit ini, setidaknya wisatawan harus menempuh perjalanan selama satu jam dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer dari Kota Tanjung Pinang.

Disini, kamu akan disajikan pemandangan yang sangat eksotis berupa dataran luar yang dipenuhi dengan pasir yang bertambah cantik apabila terkena pantulan sinar matahari. Jika dilihat dari jauh tampak pasir dengan tekstur sangat halus. Namun jika diperhatikan dari dekat ternyata pasirnya bertekstur kasar bercampur kerikil-kerikil kecil yang tentunya akan menguntungkan pengunjung karena tidak akan mudah terpeleset saat sedang asik berselfi.

Tempat Romantis

Saat senja tiba, pesona yang ditawarkan Bukit Pasir Busung ini seolah semakin memancarkan keindahannya. Fenomena bukit-bukit kecil nan unik, seakan menjadi sempurna dengan keindahan matahari tenggelam yang secara perlahan bak ditelan bumi. Seketika akan tercipta nuansa romantis, yang sangat cocok bila dinikmati bersama pasangan tercinta.

Melihat indahnya hamparan bukit pasir ini, tentu kita akan bertanya-tanya dari mana asalnya asalnya pasir sebanyak itu? Dulu, Bukit Pasir Busung ini adalah bekas penambangan bauksit yang aktif bahkan diekpor keluar negeri. Namun, akhirnya tambang pasir dihentikan oleh daerah setempat. Kemudian tempat tersebut tidak digunakan lagi dan dibiarkan begitu saja hingga akhirnya terbentuk menjadi gundukan yang cantik laiknya gurun pasir.

Karena tidak ada lagi aktivitas tambang dan tempatnya terbuka di tepi jalan, tak jarang menarik perhatian pejalan atau didatangi orang. Sayangnya belum dimanfaatkan begitu baik sebagai tempat wisata.

Namun begitu, bagi kalian yang hobi mengunggah foto di jejaring sosial, nampaknya tempat ini sangat pas untuk memenuhi hasrat selfimu tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Namun, karena Bukit Pasir Bintan ini belum diresmikan sebagai tempat wisata, fasilitas yang bisa ditemukan pun sangatlah minim. Disini masih belum ditemukan fasilitas seperti toilet umum, mushola untuk beribadah, dan juga belum ada transportasi umum yang melewati jalan Tanjung Pinang-Bintan.

Untungnya wisatawan bisa memarkir kendaraannya disekitar bukit yang cukup aman dan luas. Jika ingin beribadah, wisatawan bisa menemukan masjid di dekat Tebing Kawah Putih yang memang lokasinya lumayan jauh dari bukit pasir ini. (NY/IB)

Tags :