Sepi Peminat, Empat Lukisan Hitler Dilelang Murah

Masih menjadi perdebatan di kalangan para seniman hingga sekarang, apakah nilai suatu karya perlu ditinjau dari siapa yang menciptakannya atau tidak. Suatu karya seharusnya terbatas pada karya itu sendiri. Namun, terkadang orang masih melibatkan sang pembuat dalam menilai suatu karya.

Sepi Peminat, Empat Lukisan Hitler Dilelang Murah

Inibaru.id - Masih menjadi perdebatan di kalangan para seniman hingga sekarang, apakah nilai suatu karya perlu ditinjau dari siapa yang menciptakannya atau tidak. Suatu karya seharusnya terbatas pada karya itu sendiri. Namun, terkadang orang masih melibatkan sang pembuat dalam menilai suatu karya.

Sebuah pelelangan lukisan di Inggris beberapa waktu silam sepi peminat. Alih-alih memperoleh keuntungan yang besar, pelelangan itu justru  tidak diminati pengunjung.Pasalnya, lukisan-lukisan yang dilelang Mullocks, Inggris, tersebut adalah hasil karya Adolf Hitler.

Ya, Adolf Hitler! Tak banyak yang mengetahui bahwa di balik kebrutalannya, pemimpin Nazi itu ternyata memiliki jiwa seni yang cukup tinggi dengan menghasilkan beberapa karya lukisan.

Sebagaimana dilansir Hindustan Times melalui CNN Indonesia, empat lukisan di antara lukisan karya Hitler tersebut dikabarkan terjual dalam pelelangan di Mullocks. Keempat lukisan tersebut secara keseluruhan terjual seharga 7.500 pound sterling atau hampir Rp130 juta.

Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Tiap lukisan seharusnya berbandrol 5.000 sampai 7.000 pound, atau Rp86 juta hingga Rp120 juta. Namun kenyataannya, tiap lukisan hanya terjual dengan harga 1.600 hingga 2.000 pound, atau Rp27 juta hingga Rp34,5 juta.

Untuk ukuran lukisan dari pesohor dunia, terlepas dari kesohorannya dalam hal negatif, harga itu dinilai terlalu murah karena lukisan tersebut langka dan asli.

Tak hanya itu, masing-masing lukisan yang bertanggal di awal 1990-an itu juga ada tanda “A Hitler” di bagian bawahnya.

Dalam keempat karyanya, Hitler melukis suasana pedesaan di dekat danau, gereja dan kastel, rumah tepi danau dengan latar belakang pegunungan, dan pemandangan perkotaan dengan sungai. Lukisan-lukisan tersebut ada yang dilukis menggunakan cat minyak, tapi ada juga yang memakai cat air.

Misterius

Di samping empat lukisan yang laku dalam perlelangan, ada lagi satu lukisan yang cukup misterius. Lukisan tersebut tidak memiliki tanda A Hitler sebagaimana keempat lukisan lainnya. Lukisan satu ini menampilkan kuburan sepupu Hitler, Geli Raubel.

Konon lukisan itu juga merupakan karya Hitler. Sangat disayangkan lukisan ini tiada berhasil dijual.

Raubel bukanlah sekadar sepupu biasa bagi Hitler. Rumor yang beredar, ia juga terlibat secara romantis dengan sosok yang akhirnya meninggal karena menembak dirinya sendiri pada 1931 itu.

Empat lukisan dalam pelelangan itu hanyalah sedikit dari ribuan lukisan yang pernah dibuat Hitler. Pria yang dikenal dengan kumisnya yang khas itu disebut-sebut telah menghasilkan 2.000 sampai 3.000 lukisan semasa hidupnya.

Hitler adalah veteran Perang Dunia I dengan banyak gelar. Ia bergabung dengan Partai Pekerja Jerman (pendahulu NSDAP) pada tahun 1919, dan menjadi ketua NSDAP tahun 1921. Dua tahun berselang, ia melancarkan kudeta di Munich yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch. (GIL/IB)

Tags :