V1MAST Kembali Harumkan Indonesia di Spanyol

Apa jadinya jika musik pop rock dimainkan dengan instrumen-instrumen etnik Tanah Air? Hasilnya sungguh menarik. Tanyakanlah pada grup band V1MAST yang baru-baru ini meraih menang di Festival Musica del Mar di Spanyol.

V1MAST Kembali Harumkan Indonesia di Spanyol
2k
View
Komentar

Inibaru.id - Apa jadinya jika musik pop rock dimainkan dengan instrumen-instrumen etnik Tanah Air? Hasilnya sungguh menarik. Tanyakanlah pada grup band V1MAST yang baru-baru ini meraih menang di Festival Musica del Mar di Spanyol.

V1MAST adalah grup band yang memanfaatkan berbagai alat tradisional untuk bermusik. Mengusung aliran pop rock, band unik ini baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan menyingkirkan para kontestan dari seluruh penjuru Eropa.

Bertempat di Lloret de Mar, Catalunya, Spanyol, V1MAST berhasil meraih peringkat kedua dalam ajang Musica del Mar yang dihelat pada 25-28 Juni silam, sebagaimana dilansir laman Rollingstone Indonesia.

Tak hanya itu, mereka juga berhak tampil di konser gala agung ajang yang digagas perusahaan Spanyol, Fiestalonia Milenio, S.L.U dengan dukungan dari Lloret de Mar Mayor City Hall.

Dalam festival tersebut, Duo pemusik Viza Mahasa (vokal, gitar, gamelan, dll) dan Vais Randi (drum, sequencer) memainkan sebuah komposisi musik berdurasi 15 menit yang di dalamnya merangkum beberapa singgel antara lain, Kurikulum Hatiku, Budalan, Humbase, Teman Terkadang Bercinta, Muhammad Ali, dan Jogja Love Story.

V1MAST mencuri perhatian penyelenggara hingga mendapatkan penghargaan spesial dari Fiestalonia Milenio sendiri, serta dari Balai Kota Lloret de Mar, Balai Kota Tossa de Mar, Departemen Kebudayaan Tossa de Mar, Department Pariwisata Lloret de Mar, Kementerian Budaya Catalunya, dan asosiasi World of Culture and Charity Fund"Fundacion SOS".

Bersama 99 kontestan lain dari Italia, Kazakhstan, Lithuania, Uzbekistan, Rusia, dan Spanyol, V1MAST terlebih dulu beraksi di dua panggung berbeda, yakni di babak penyisihan dan babak konser gala, sebelum tampil konser gala agung.

Babak penyisihan digelar di Concert Hall Auditorium Gran Casino Costa Brava, Lloret de Mar, Girona pada Senin (26/6) lalu.Di babak itu, V1MAST terpilih sebagai satu dari 19 konstestan terbaik yang berhak tampil di babak konser gala.

Konser Gala digelar sehari berselang, di Vila Vella, Tossa de Mar. Dalam kedua babak tersebut, V1MAST konsisten mengusung pop rock dengan kemasan etnik yang unik dan epic.Band ini pun kembali memukau pihak penyelenggara sehingga mendaulat menjadi satu-satunya kontestan yang berhak tampil di konser gala agung, acara puncak dari rangakaian kontes musik dan tari, pada hari penutup.

Ini bukanlah kali pertama V1MAST di Eropa. Pada 2016, mereka juga menyabet gelar Best Ensemble Performance di kompetisi musik dan budaya Dukat Fest 2016. Mereka juga mendapat apresiasi khusus dari Dubes RI untuk Republik Ceko, Aulia A Rachman, karena berhasil membawa musik Indonesia ke pasar internasional di Indonesian Trade Expo dan World Music Festival 2016. (OS/IB)

Tags :